Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Melalui Media Gambar Pada Mata Pelajaran Fiqih Materi Shalat
DOI:
https://doi.org/10.32678/studiadidaktika.v11i02.7339


Keywords:
Media pembelajaran, media visual (gambar), hasil belajar, proses pembelajaranAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis tentang upaya peningkatan hasil belajar siwa melalui bambar pada mata pelajaran fiqih di sekolah. Penelitian ini menggunakan metode penelitian tindakan kelas (PTK) atau Classroom Action Research (CAR). Yang berusaha mengkaji dan merefleksi suatu pembelajaran dengan tujuan untuk meningkatkan proses dan produk pembelajaran dikelas. Subjek dalam penelitian yaitu seluruh siswa kelas VII yang berjumlah 25 siswa yang terdiri dari 9 siswa dan 16 siswi. Data penelitian dikumpulkan dengan beberapa carai yaitu observasi, catatan lapangan, wancara dan dokumentasi, tes. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah teknik kualitatif dan kuantitatif. Dari penelitian didapati bahwa dengan penggunaan media gambar pada mata pelajaran fiqih materi shalat dikelas VII dapat meningkatkan hasil pembelajaran siswa menjadi lebih baik, dengan demikian adanya penggunaan media gambar dalam proses pembelajaran dapat memberikan nilai positif terhadap upaya perbaikan dan peningkatan kualitas proses pembelajaran sehingga dapat meningkatkan hasil belajar siswa di sekolah.