Pengembangan Media Pembelajaran MIT App Inventor dalam Keterampilan Menyimak pada Siswa MAN 2 Kota Serang

Authors

  • Faiza Nur Khalida Universitas Islam Negeri Sultan Maulana Hasanuddin Banten
  • Siti Ngaisah Universitas Islam Negeri Sultan Maulana Hasanuddin Banten
Statistics: Abstract viewed : 177 times | PDF downloaded : 273 times

Keywords:

Pengembangan media pembelajaran, MIT App Inventor

Abstract

Penelitian ini mengembangkan media pembelajaran dengan MIT App Inventor berarti mempelajari tentang pengembangan media pembelajaran dengan MIT APP Inventor untuk mengajarkan keterampilan mendengar pada kelas 11 man 2 kota serang, dan untuk mengetahui kelayakan dan keefektifan media pembelajaran yang telah dikembangkan. Dalam penelitian ini menggunakan pendekatan penelitian dan pengembangan (R&D). Pendekatan penelitain dan pengembangan adalah metode penelitian yang digunakan untuk merancang dan mengembangkan program dan produk Pendidikan yang dapat memenuhi standar internal. Untuk menghasilkan prosuk tertentu, digunakan penelitain analisis kebutuhan dan untuk menguji kelayakan produk tersebut guna mencapai keberhasilan masyarakat luas. Adapun kelayakan pengembangan media pembelajaran dengan MIT App Inventor terhadap keterampilan mendengar diperoleh hasil 81% . adapaun efektivitas media pembelajarn ini diperoleh hasil pre-test sebesar 38,88% dan hasil post- test sebesar 91,11. Adapun hasil yang diharapkan dari kedua tes tersebut adalah sebesar 52,23%, karena terdapat perbedaan antara hasil pre-test dan post-test. Hal ini menunjukkan bahwa media pembelajaran dengan MIT App Inventor digunakan untuk mengajarkan keterampilan mendengar itu efektif.

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Published

2024-06-30

How to Cite

Khalida, F. N., & Ngaisah, S. (2024). Pengembangan Media Pembelajaran MIT App Inventor dalam Keterampilan Menyimak pada Siswa MAN 2 Kota Serang. Proceeding of Annual International Conference on Islamic Education and Language (AICIEL), 513–520. Retrieved from https://ftk.uinbanten.ac.id/journals/index.php/aiciel/article/view/11125