Evaluasi Pembelajaran dan Penilaian Autentik dalam Pembelajaran Bahasa Arab

Authors

  • Dina Indriana UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten

DOI:

https://doi.org/10.32678/al-ittijah.v10i02.1245
Statistics: Abstract viewed : 1579 times | Dina Indriana.pdf downloaded : 1421 times

Keywords:

Evaluasi, penialaian Otentik, Pembelajaran

Abstract

Dalam pembelajaran  dibutuhkan adanya evaluasi agar guru dapat mengetahui apakah tujuan pembelajaran itu tercapai atau tidak. Evaluasi adalah salah satu alat untuk mengetahui hasil pembelajaran.  Evaluasi model CIPP yang akan peneliti gunakan dalam melihat sejauh mana pendekatan saintifik dan penilaian autentik dilaksanakan oleh guru bahasa Arab.

Evaluasi model CIPP digunakan karena ecaluasi model ini lebih komprehensfi. Evaluasi merupakan kegiatan yang terencana dan sistematik, karena mempunyai tujuan, untuk mengetahui hasil evaluasi yang baik maka dibutuhkan ontiunitas evaluasi, obyektifitas evaluasi, komprehensif evaluasi, dan praktikabilitas evaluasi.

Model CIPP dikembankan oleh Daniel L. Stufflebeam, dkk. Stuflebeam  mengembangkan evaluasi pembelajaran model CIPP. Teori ini dikembangkan pada tahun 1971 dengan berlandaskan pada empat dimensi yaitu dimensi context, dimensi input, dimensi proses, dan dimensi produc.

Strategi pembelajaran saintifik dan penilaian autentik merupakan bagian dari strategi pembelajaran dan penilaian yang menjadi prioritas dalam implementasi strategi pembelajaran dan jenis penilaian yang diusung oleh penerapan kurikulum 2013 sebagai kurikulum perubahan dari kurikulum KTSP.

Evaluasi input strategi pembelajaran saintifik dan penilaian autentik dalam pembelajaran Bahasa Arab dari hasil pre-tes menunjukkan pemahaman awal bagi para guru Bahasa Arab di MTs Kota Serang sangat rendah dengan rata-rata  49,25. Analisis RPP yang disusun pada kegiatan Inti masih menunjukkan ada kesalahan dan kelemahan pengetahuan dalam menyusun kegiatan pembelajaran untuk disesuaikan dengan tahapan-tahapan pembelajaran dengan  tahapan 5 M.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Imam Asrori dkk, Evaluasi Pembelajaran Bahasa Arab, Malang: Misykat, 2017

kunandar, Penilaian Autentik Suatu Pendekatan Praktis, Jakarta: Raja Grafindo Persada, 201

Ridwan Abdullah Sani, Pembelajaran Saintifik untuk Implementasi Kurikulum 2013, Jakarta: Bumi Aksara, 2017

Suharsimi Arikunto dan Cepi Safrudin Abdul Jabar, Evaluasi Program Pendidikan, Jakarta: Bumi AKsara, 2004

Supardi, Penilaian autentik, Jakarta: Raja Grafindo Persada, 2015

Zainal Arifin, Evaluasi Pembelajaran ,Bandung: Rosdakarya, 2014

Published

2018-12-31