Implementasi Pendidikan Karakter Disekolah Melalui Pembiasaan Membaca Kalamun (Papadang Ati) Sebelum Mulai Belajar
DOI:
https://doi.org/10.32678/al-ittijah.v11i1.3048


Keywords:
Character, EducationAbstract
This research was conducted with the aim of understanding the implementation of character education in shaping the personality of students. In this study using qualitative research methods. This research was conducted at SMAN 6 Pandeglang. Data is obtained by indept interview Based on the results of the study, it can be concluded: (1) that the implementation of education can be done by reading the kalamun (papadang ati) every morning. (2) religious and intelligent characters can be formed with this implementation.
Downloads
Download data is not yet available.
References
Amin , Samsul Munir dan Haryanto Al-Fandi, Energi Dzikir: Menentramkan Jiwa
Amri, Sofan, dkk. 2011. Implementasi Pendidikan Karakter dalam Pembelajaran. Jakarta: PT. Prestasi Pustakaraya.
Berkowitz, M.W. & Bier, M.C. 2005. What Works In CharacterEducation: A Research- Driven Guide for Educators, Washington DC: Univesity of Missouri- St Louis.
Dharma Kesuma, Cepi Triatna, Johar Permana. (2012). Pendidikan Karakter Kajian Teori dan Praktik di Sekolah. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.
Doni Koesoema A. (2007). Pendidikan Karakter: Strategi Mendidik Anak di Zaman Global. Jakarta: PT Gramedia Widiasarana Indonesia.
E, Mulyasa. (2013). Manajemen Pendidikan Karakter. Jakarta: Bumi Aksara
Fatchul Mu’in, (2011). Pendidikan Karakter Konstruksi Teoritik & Praktik. Jogjakarta: Ar-RuzzMedia.
Heri Gunawan. (2014). Pendidikan Karakter Konsep dan Implementasi. Bandung: Alfabeta Bandung.
Kemendiknas. (2010). Desain Induk Pendidikan Karakter. Jakarta: Kemendiknas.
Kementerian Pendidikan Nasional. 2010. Pengembangan Pendidikan Budaya dan Karakter Bangsa: Pedoman Sekolah. Jakarta Jakarta: Badan Penelitian dan Pengembangan Pusat Kurikulum.
Kompri, Manajemen Pendidikan: Komponen-komponen Elementer Kemajuan Sekolah (Yogyakarta: Ar-Ruzz Media, 2015)
Mansur Muslih, Pendidikan karakter Menjawab Tantangan Krisis Multidimensional, Jakarta: Bumi Aksara, 2011
Samani, Muclas dan Hariyanto. 2011. Konsep dan Model Pendidikan Karakter. Bandung: Remaja Rosdakarya.
Zuriah, Nurul. 2011. Pendidikan Moral dan Budi Pekerti Dalam Prespektif Perubahan. Jakarta: Bumi Aksara.
Amri, Sofan, dkk. 2011. Implementasi Pendidikan Karakter dalam Pembelajaran. Jakarta: PT. Prestasi Pustakaraya.
Berkowitz, M.W. & Bier, M.C. 2005. What Works In CharacterEducation: A Research- Driven Guide for Educators, Washington DC: Univesity of Missouri- St Louis.
Dharma Kesuma, Cepi Triatna, Johar Permana. (2012). Pendidikan Karakter Kajian Teori dan Praktik di Sekolah. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.
Doni Koesoema A. (2007). Pendidikan Karakter: Strategi Mendidik Anak di Zaman Global. Jakarta: PT Gramedia Widiasarana Indonesia.
E, Mulyasa. (2013). Manajemen Pendidikan Karakter. Jakarta: Bumi Aksara
Fatchul Mu’in, (2011). Pendidikan Karakter Konstruksi Teoritik & Praktik. Jogjakarta: Ar-RuzzMedia.
Heri Gunawan. (2014). Pendidikan Karakter Konsep dan Implementasi. Bandung: Alfabeta Bandung.
Kemendiknas. (2010). Desain Induk Pendidikan Karakter. Jakarta: Kemendiknas.
Kementerian Pendidikan Nasional. 2010. Pengembangan Pendidikan Budaya dan Karakter Bangsa: Pedoman Sekolah. Jakarta Jakarta: Badan Penelitian dan Pengembangan Pusat Kurikulum.
Kompri, Manajemen Pendidikan: Komponen-komponen Elementer Kemajuan Sekolah (Yogyakarta: Ar-Ruzz Media, 2015)
Mansur Muslih, Pendidikan karakter Menjawab Tantangan Krisis Multidimensional, Jakarta: Bumi Aksara, 2011
Samani, Muclas dan Hariyanto. 2011. Konsep dan Model Pendidikan Karakter. Bandung: Remaja Rosdakarya.
Zuriah, Nurul. 2011. Pendidikan Moral dan Budi Pekerti Dalam Prespektif Perubahan. Jakarta: Bumi Aksara.