Analisis Pembinaan Disiplin Belajar dan Perilaku Sosial Anak dalam Kelas

Authors

  • Condro Ayu Nur Ilmiah UIN Sunan Ampel Surabaya
  • Abdullah Fathoni Sujada UIN Sunan Ampel Surabaya
  • Hanifah Ula Dzakiyyah UIN Sunan Ampel Surabaya
  • Imam Syafi'i UIN Sunan Ampel Surabaya
  • Saefullah Azhari UIN Sunan Ampel Surabaya

DOI:

https://doi.org/10.32678/geneologipai.v12i1.11330
Statistics: Abstract viewed : 29 times | pdf downloaded : 3 times

Keywords:

Pendidikan, karakter, Kolaboratif

Abstract

Pembangunan disiplin belajar dan perilaku sosial anak di sekolah dasar memiliki pengaruh signifikan terhadap prestasi akademik dan kemampuan bersosialisasi. Penelitian kualitatif berbasis literatur ini mengungkap bahwa disiplin belajar dapat dibentuk melalui rutinitas terstruktur (jadwal harian), sistem hadiah dan konsekuensi konsisten (pujian/sanksi edukatif), serta keteladanan guru dalam sikap dan manajemen waktu. Sementara itu, perilaku sosial siswa berkembang optimal melalui kegiatan kelompok (diskusi, proyek kolaboratif) dan refleksi nilai empati seperti berbagi cerita inspiratif. Kendala utama meliputi ketidakselarasan aturan sekolah dengan pola asuh di rumah (misal: perbedaan aturan penggunaan gadget) dan kurangnya pelatihan guru dalam manajemen konflik serta motivasi intrinsik siswa. Solusinya memerlukan integrasi pendekatan struktural (aturan jelas) dan kultural (penguatan nilai), serta kolaborasi antara guru, orang tua, dan psikolog sekolah. Implikasi praktis mencakup pelatihan guru tentang teknik motivasi berbasis proses belajar dan resolusi konflik, serta edukasi orang tua untuk menyelaraskan nilai pengasuhan dengan sekolah. Bagi mahasiswa Pendidikan Agama Islam (PAI), temuan ini relevan karena strategi tersebut sejalan dengan tujuan pendidikan Islam dalam membentuk akhlak mulia (disiplin, empati, kerja sama) melalui keseimbangan syariat dan internalisasi moral, serta menegaskan peran guru sebagai teladan yang mengintegrasikan ilmu dan adab. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan analisis sumber tertulis terpercaya seperti buku, jurnal, dan dokumen akademik.

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Published

2025-06-20

How to Cite

Condro Ayu Nur Ilmiah, Fathoni Sujada, A. ., Ula Dzakiyyah, H., Syafi’i, I. ., & Azhari, S. . (2025). Analisis Pembinaan Disiplin Belajar dan Perilaku Sosial Anak dalam Kelas. Geneologi PAI: Jurnal Pendidikan Agama Islam, 12(1), 105–114. https://doi.org/10.32678/geneologipai.v12i1.11330

Issue

Section

Articles