Analisis Pembinaan Disiplin Belajar dan Perilaku Sosial Anak dalam Kelas
DOI:
https://doi.org/10.32678/geneologipai.v12i1.11330


Keywords:
Pendidikan, karakter, KolaboratifAbstract
Pembangunan disiplin belajar dan perilaku sosial anak di sekolah dasar memiliki pengaruh signifikan terhadap prestasi akademik dan kemampuan bersosialisasi. Penelitian kualitatif berbasis literatur ini mengungkap bahwa disiplin belajar dapat dibentuk melalui rutinitas terstruktur (jadwal harian), sistem hadiah dan konsekuensi konsisten (pujian/sanksi edukatif), serta keteladanan guru dalam sikap dan manajemen waktu. Sementara itu, perilaku sosial siswa berkembang optimal melalui kegiatan kelompok (diskusi, proyek kolaboratif) dan refleksi nilai empati seperti berbagi cerita inspiratif. Kendala utama meliputi ketidakselarasan aturan sekolah dengan pola asuh di rumah (misal: perbedaan aturan penggunaan gadget) dan kurangnya pelatihan guru dalam manajemen konflik serta motivasi intrinsik siswa. Solusinya memerlukan integrasi pendekatan struktural (aturan jelas) dan kultural (penguatan nilai), serta kolaborasi antara guru, orang tua, dan psikolog sekolah. Implikasi praktis mencakup pelatihan guru tentang teknik motivasi berbasis proses belajar dan resolusi konflik, serta edukasi orang tua untuk menyelaraskan nilai pengasuhan dengan sekolah. Bagi mahasiswa Pendidikan Agama Islam (PAI), temuan ini relevan karena strategi tersebut sejalan dengan tujuan pendidikan Islam dalam membentuk akhlak mulia (disiplin, empati, kerja sama) melalui keseimbangan syariat dan internalisasi moral, serta menegaskan peran guru sebagai teladan yang mengintegrasikan ilmu dan adab. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan analisis sumber tertulis terpercaya seperti buku, jurnal, dan dokumen akademik.
Downloads
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Condro Ayu Nur Ilmiah, Abdullah Fathoni Sujada, Hanifah Ula Dzakiyyah, Saefullah Azhari

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Geneologi: Jurnal Pendidikan Agama Islam https://ftk.uinbanten.ac.id/journals/index.php/geneologi is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
An author who publishes in Geneologi: Jurnal Pendidikan Agama Islam agrees to the following terms:
- The author retains the copyright and grants the journal the right of first publication of the work, simultaneously licensed under the Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal
- The author can enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book) with the acknowledgement of its initial publication in this journal.
- The author is permitted and encouraged to post his/her work online (e.g., in institutional repositories or on their website) before and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of the published work (See The Effect of Open Access).
The names and email addresses entered in this journal site will be used exclusively for the stated purposes of this journal. They will not be made available for any other purpose or to any other party.