ANALISIS PEMBINAAN DISIPLIN BELAJAR DAN PERILAKU SOSIAL ANAK DALAM KELAS
DOI:
https://doi.org/10.32678/geneologipai.v12i1.11330


Kata Kunci:
Pendidikan, Karakter, KolaboratifAbstrak
Pembangunan disiplin belajar dan perilaku sosial anak di sekolah dasar sangat penting karena memengaruhi prestasi akademik dan kemampuan bersosialisasi. Penelitian ini menunjukkan bahwa disiplin belajar bisa dibentuk melalui rutinitas terstruktur (seperti jadwal harian), sistem hadiah dan konsekuensi yang konsisten (misalnya pujian atau sanksi mendidik), serta keteladanan guru dalam sikap dan manajemen waktu. Sementara itu, perilaku sosial siswa berkembang optimal lewat kegiatan kelompok (diskusi, proyek kolaboratif) dan refleksi nilai empati, seperti berbagi cerita inspiratif. Kendala utamanya adalah ketidakselarasan antara aturan sekolah dan pola asuh di rumah (contoh: orang tua membebaskan penggunaan gadget), serta kurangnya pelatihan guru dalam mengelola konflik dan memotivasi siswa secara intrinsik. Untuk mengatasinya, diperlukan integrasi pendekatan struktural (aturan jelas) dan kultural (penguatan nilai), serta kolaborasi guru, orang tua, dan psikolog sekolah. Implikasi praktisnya, guru perlu dilatih teknik memotivasi siswa dengan fokus pada proses belajar (bukan hanya hasil) dan resolusi konflik, sementara orang tua perlu diedukasi agar sejalan dengan nilai sekolah. Bagi mahasiswa Pendidikan Agama Islam (PAI), temuan ini relevan karena strategi tersebut sejalan dengan tujuan pendidikan Islam dalam membentuk akhlak mulia (disiplin, empati, kerja sama) melalui keseimbangan aturan (syariat) dan internalisasi nilai moral (akhlak), serta menegaskan peran guru sebagai teladan yang menyatukan ilmu dan adab dalam pembelajaran.
Unduhan
##submission.downloads##
Diterbitkan
Cara Mengutip
Terbitan
Bagian
Lisensi
Hak Cipta (c) 2025 Condro Ayu Nur Ilmiah, Abdullah Fathoni Sujada, Hanifah Ula Dzakiyyah, Saefullah Azhari

Artikel ini berlisensiCreative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Geneologi: Jurnal Pendidikan Agama Islam https://ftk.uinbanten.ac.id/journals/index.php/geneologi is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
An author who publishes in Geneologi: Jurnal Pendidikan Agama Islam agrees to the following terms:
- The author retains the copyright and grants the journal the right of first publication of the work, simultaneously licensed under the Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal
- The author can enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book) with the acknowledgement of its initial publication in this journal.
- The author is permitted and encouraged to post his/her work online (e.g., in institutional repositories or on their website) before and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of the published work (See The Effect of Open Access).
The names and email addresses entered in this journal site will be used exclusively for the stated purposes of this journal. They will not be made available for any other purpose or to any other party.