PENGARUH PENERAPAN METODE PEER TEACHING TERHADAP PEMAHAMAN NAHWU SHARAF


Abstract
Abstrak: Penelitian ini bertujuan untuk: 1) mengetahui kategori penerapan metode peer teaching pada kelas VII SMP Alam Nurul Furqon (Planet Nufo) Rembang, 2) mengetahui kategori pemahaman nahwu sharaf pada kelas VII SMP Alam Nurul Furqon (Planet Nufo) Rembang, 3) mengetahui ada atau tidak pengaruh penerapan Metode Peer Teaching terhadap pemahaman nahwu sharaf kelas VII SMP Alam Nurul Furqon Rembang.
Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif yang menggunakan teknik analisis regresi. Data primer yang digunakan oleh peneliti adalah siswa kelas VII SMP Alam Nurul Furqon (Planet Nufo) Rembang yang berjumlah 32 siswa. Metode pengumpulan data yang digunakan yaitu metode angket tertutup dan metode tes.
Dari hasil penelitian, rata-rata dari penerapan metode peer teaching pada siswa kelas VII SMP Alam Nurul Furqon (Planet Nufo) Rembang sebesar 65,06 dengan kategori “Baik” dan berada pada interval 59-70. Rata-rata dari pemahaman nahwu sharaf siswa pada siswa kelas VII SMP Alam Nurul Furqon (Planet Nufo) Rembang sebesar 86,94 dengan kategori “Baik” dan berada pada interval 76 - 97. Sedangkan, pengaruh penerapan metode peer teaching (X) terhadap pemahaman nahwu saraf siswa kelas VII SMP Alam Nurul Furqon (Planet Nufo) Rembang (Y) sebesar 0,651 atau 65,1%. Hasil penelitian ditunjukkan oleh harga thitung = 7,488 yang telah dikonsultasikan dengan ttabel = 0,75. Maka hasilnya thitung > ttabel pada taraf ttabel 5% yang menunjukkan terdapat pengaruh antara variabel X dengan Variabel Y.
Kata kunci: metode peer teaching; pemahaman; nahwu sharaf
Downloads
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Geneologi: Jurnal Pendidikan Agama Islamhttps://ftk.uinbanten.ac.id/journals/index.php/geneologi is licensed under aCreative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
An author who publishes in Geneologi: Jurnal Pendidikan Agama Islam agrees to the following terms:
- The author retains the copyright and grants the journal the right of first publication of the work, simultaneously licensed under the Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal
- The author can enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book) with the acknowledgement of its initial publication in this journal.
- The author is permitted and encouraged to post his/her work online (e.g., in institutional repositories or on their website) before and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of the published work (See The Effect of Open Access).
The names and email addresses entered in this journal site will be used exclusively for the stated purposes of this journal. They will not be made available for any other purpose or to any other party.