Pemikiran Pendidikan Islam Syed Muhammad Naquib Al-Attas dan Relevansinya dengan Problematika Pendidikan Islam Indonesia
DOI:
https://doi.org/10.32678/geneologipai.v10i1.8167


Kata Kunci:
Syed Muhammad Naquib Al-Attas, Pendidikan, IndonesiaAbstrak
Fenomena jual beli ijazah dan prilaku menyimpang dari lembaga pendidikan Indonesia sangat marak. Selain itu, pada Oktober 2022 terdapat tujuh profesor menolak mengajar, bahkan ada yang mengundurkan diri karena mendapat tekanan dari pimpinan fakultasnya. Artikel ini berusaha mengungkap pemikiran Syed Muhammad Naquib Al-Attas tentang pendidikan Islam serta tujuan, sistem, kurikulum pendidik dan peserta didik serta sarana pendidikan yang dikaitkan dengan fenomena pendidikan di Indonesia. Penelitian ini menggunakan pendekatan kepustakaan dengan sumber primer karya Syed Muhammad Naquib Al-Attas serta memanfaatkan sumber-sumber sekunder lainnya. Dari hasil penelitian ditemukan bahwa Al-Attas menekankan pada adab, tindakan tegas pemerintah atas femomena pendidikan di Indonesia bisa dimaknai sebagai implementasi ta’dīb Al-Attas, menjadikan orang beradab, dengan tidak mengkerdilkan lembaga pendidikan sebagai pembuat ijazah.
Unduhan
##submission.downloads##
Diterbitkan
Cara Mengutip
Terbitan
Bagian
Lisensi
Geneologi: Jurnal Pendidikan Agama Islamhttps://ftk.uinbanten.ac.id/journals/index.php/geneologi is licensed under aCreative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
An author who publishes in Geneologi: Jurnal Pendidikan Agama Islam agrees to the following terms:
- The author retains the copyright and grants the journal the right of first publication of the work, simultaneously licensed under the Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal
- The author can enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book) with the acknowledgement of its initial publication in this journal.
- The author is permitted and encouraged to post his/her work online (e.g., in institutional repositories or on their website) before and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of the published work (See The Effect of Open Access).
The names and email addresses entered in this journal site will be used exclusively for the stated purposes of this journal. They will not be made available for any other purpose or to any other party.