Pemikiran Pendidikan Islam Syed Muhammad Naquib Al-Attas dan Relevansinya dengan Problematika Pendidikan Islam Indonesia

Penulis

  • Ahmadi Ahmadi Institut Dirosat Islamiyah Al-Amien Prenduan Sumenep
  • Muhtadi Abd. Mun'im Institut Dirosat Islamiyah Al-Amien Prenduan Sumenep
  • Riadlatul Amalia Institut Dirosat Islamiyah Al-Amien Prenduan Sumenep

DOI:

https://doi.org/10.32678/geneologipai.v10i1.8167
Statistics: Abstrak viewed : 412 times | pdf downloaded : 0 times

Kata Kunci:

Syed Muhammad Naquib Al-Attas, Pendidikan, Indonesia

Abstrak

Fenomena jual beli ijazah dan prilaku menyimpang dari lembaga pendidikan  Indonesia sangat marak. Selain itu, pada Oktober 2022 terdapat tujuh profesor menolak mengajar, bahkan ada yang mengundurkan diri karena mendapat tekanan dari pimpinan fakultasnya. Artikel ini berusaha mengungkap pemikiran Syed Muhammad Naquib Al-Attas tentang pendidikan Islam serta tujuan, sistem, kurikulum pendidik dan peserta didik serta sarana pendidikan yang dikaitkan dengan fenomena pendidikan di Indonesia. Penelitian ini menggunakan pendekatan kepustakaan dengan sumber primer karya Syed Muhammad Naquib Al-Attas serta memanfaatkan sumber-sumber sekunder lainnya. Dari hasil penelitian ditemukan bahwa Al-Attas menekankan pada adab, tindakan tegas pemerintah atas femomena pendidikan di Indonesia bisa dimaknai sebagai implementasi ta’dīb Al-Attas, menjadikan orang beradab, dengan tidak mengkerdilkan lembaga pendidikan sebagai pembuat ijazah.

Unduhan

Data unduhan belum tersedia.

##submission.downloads##

Diterbitkan

2023-07-16

Cara Mengutip

Ahmadi, A., Abd. Mun’im, M. ., & Amalia, R. . (2023). Pemikiran Pendidikan Islam Syed Muhammad Naquib Al-Attas dan Relevansinya dengan Problematika Pendidikan Islam Indonesia. Geneologi PAI: Jurnal Pendidikan Agama Islam, 10(1), 59–68. https://doi.org/10.32678/geneologipai.v10i1.8167

Terbitan

Bagian

Articles