PENGARUH MODEL COURSE REVIEW HORAY TERHADAP HASIL BELAJAR IPS MATERI MENGENAL PERKEMBANGAN TEKNOLOGI TRANSPORTASI
DOI:
https://doi.org/10.32678/primary.v10i1.1256


Keywords:
Hasil belajar, IPS, model Course Review HorayAbstract
Pembelajaran yang menghasilkan sesuatu yang baru adalah pembelajaran yang dapat menumbuhkan kreativitas siswa. Aktivitas siswa diperlukan dalam kegiatan belajar mengajar, sehingga siswalah yang harus aktif, sebab siswa sebagai subjek didik yang merencanakan dan siswa sendirilah yang melakukan belajar, sedangkan guru hanya bertugas untuk membimbing siswa. Namun kenyataannya, di sekolah-sekolah terlihat yang mendominasi adalah guru yang lebih banyak aktif dan siswa kurang aktif. Begitu juga yang terjadi di MI Al-Falahiyyah Rajeg, dimana salah satunya kelas IV ketika proses pembelajaran guru yang lebih aktif dibanding siswa, sehingga proses pembelajaran mudah bosan dan menoton. Oleh karena itu, model Course Review Horay diuji coba untuk mengetahui adakah pengaruh terhadap hasil belajar siswa. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh pembelajaran menggunakan model Course Review Horay terhadap hasil belajar IPS, dan untuk mengetahui tingkat signifikansi hasil belajar IPS materi mengenal perkembangan teknologi transportasi pada siswa kelas IV. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah kuasi eksperimen desain Non-equivalent Control Group Design dengan model Course Review Horay dan teknik analisis data yang digunakan adalah tes dan observasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan model Course Review Horay siswa kelas IV MI Al-Falahiyyah Rajeg menunjukkan nilai rata-rata post-test di kelas eksperimen sebesar 79,09, sedangkan di kelas kontrol sebesar 67,27. Hasil uji statistik dengan menggunakan uji-t pada kelas eksperimen dan kelas kontrol yaitu sebesar 0,000, sehingga dapat dinyatakan memiliki pengaruh model Course Review Horay yang singnifikan terhadap hasil belajar IPS pada materi perkembangan teknologi transportasi pada siswa kelas IV MI Al-Falahiyyah Rajeg. Oleh karena itu, dapat dinyatakan bahwa perlakuan model Course Review Horay menghasilkan perbedaan yang signifikan terhadap hasil belajar siswa antara kelas yang menggunakan model Course Review Horay dengan kelas yang menggunakan pembelajaran konvensional.
Downloads
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
PRIMARY JOURNAL: https://ftk.uinbanten.ac.id/journals/index.php/primary is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License
An author who publishes in PRIMARY: Jurnal Keilmuan dan Kependidikan Dasar agrees to the following terms:
- The author retains the copyright and grants the journal the right of first publication of the work simultaneously licensed under the Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal
- The author can enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book) with the acknowledgement of its initial publication in this journal.
- The author is permitted and encouraged to post his/her work online (e.g., in institutional repositories or on their website) before and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of the published work (See The Effect of Open Access).
The names and email addresses entered in this journal site will be used exclusively for the stated purposes of this journal and will not be made available for any other purpose or to any other party.