PENGARUH PENDEKATAN CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING BERBANTUAN MEDIA BUKU CERITA BERGAMBAR TERHADAP HASIL BELAJAR MEMBACA PEMAHAMAN BAHASA INDONESIA

Authors

  • Eka Nurfitriana UIN SMH Banten
  • Yayu Heryatun UIN SMH Banten

DOI:

https://doi.org/10.32678/primary.v10i1.1257
Statistics: Abstract viewed : 104 times | PDF (Bahasa Indonesia) downloaded : 106 times

Keywords:

Hasil belajar membaca pemahaman bahasa Indonesia, media buku cerita bergambar, pendekatan Contextual Teaching and Learning

Abstract

Pembelajaran yang baik adalah pembelajaran yang dapat membuat siswa aktif dan kreatif. Anak akan belajar lebih baik jika lingkungan diciptakan alamiah. Belajar akan lebih bermakna jika anak “mengalami” apa yang dipelajarinya, bukan “mengetahui”nya. Selain itu, dengan bantuan media buku cerita bergambar, dapat menjadikan pembelajaran lebih baik. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh penggunaan pendekatan Contextual Teaching and Learning berbantuan media buku cerita bergambar terhadap hasil belajar bahasa Indonesia. Metode penelitian yang digunakan adalah kuasi eksperimen dengan desain penelitian berupa One Group Design dengan populasi seluruh siswa kelas IV MI Al-Mujahidin Kota Tangerang dan sampel yaitu kelas IV B. Pembelajaran pada kelompok eksperimen yang menggunakan pendekatan Contextual Teaching and Learning berbantuan media buku cerita bergambar menghasilkan nilai rata-rata 6,8. Teknik pengumpulan data yang digunakan berupa tes hasil belajar, selanjutnya dianalisis menggunakan pengujian statistik yaitu uji hipotesis dengan Wilcoxon Signed Ranks Test dan diperoleh nilai signifikansi sebesar 0,000 (<0,05). Berdasarkan kriteria nilai tersebut menunjukkan tingkat pengaruh pendekatan Contextual Teaching and Learning berbantuan media buku cerita bergambar terhadap hasil belajar membaca pemahaman bahasa Indonesia kelas IV B yang cukup signifikan.

Downloads

Download data is not yet available.

Published

2018-12-21

How to Cite

Nurfitriana, E., & Heryatun, Y. (2018). PENGARUH PENDEKATAN CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING BERBANTUAN MEDIA BUKU CERITA BERGAMBAR TERHADAP HASIL BELAJAR MEMBACA PEMAHAMAN BAHASA INDONESIA. Primary : Jurnal Keilmuan Dan Kependidikan Dasar, 10(1), 43–50. https://doi.org/10.32678/primary.v10i1.1257

Issue

Section

Articles