PENGARUH PENDEKATAN CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING BERBANTUAN MEDIA BUKU CERITA BERGAMBAR TERHADAP HASIL BELAJAR MEMBACA PEMAHAMAN BAHASA INDONESIA
DOI:
https://doi.org/10.32678/primary.v10i1.1257


Keywords:
Hasil belajar membaca pemahaman bahasa Indonesia, media buku cerita bergambar, pendekatan Contextual Teaching and LearningAbstract
Pembelajaran yang baik adalah pembelajaran yang dapat membuat siswa aktif dan kreatif. Anak akan belajar lebih baik jika lingkungan diciptakan alamiah. Belajar akan lebih bermakna jika anak “mengalami” apa yang dipelajarinya, bukan “mengetahui”nya. Selain itu, dengan bantuan media buku cerita bergambar, dapat menjadikan pembelajaran lebih baik. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh penggunaan pendekatan Contextual Teaching and Learning berbantuan media buku cerita bergambar terhadap hasil belajar bahasa Indonesia. Metode penelitian yang digunakan adalah kuasi eksperimen dengan desain penelitian berupa One Group Design dengan populasi seluruh siswa kelas IV MI Al-Mujahidin Kota Tangerang dan sampel yaitu kelas IV B. Pembelajaran pada kelompok eksperimen yang menggunakan pendekatan Contextual Teaching and Learning berbantuan media buku cerita bergambar menghasilkan nilai rata-rata 6,8. Teknik pengumpulan data yang digunakan berupa tes hasil belajar, selanjutnya dianalisis menggunakan pengujian statistik yaitu uji hipotesis dengan Wilcoxon Signed Ranks Test dan diperoleh nilai signifikansi sebesar 0,000 (<0,05). Berdasarkan kriteria nilai tersebut menunjukkan tingkat pengaruh pendekatan Contextual Teaching and Learning berbantuan media buku cerita bergambar terhadap hasil belajar membaca pemahaman bahasa Indonesia kelas IV B yang cukup signifikan.
Downloads
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
PRIMARY JOURNAL: https://ftk.uinbanten.ac.id/journals/index.php/primary is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License
An author who publishes in PRIMARY: Jurnal Keilmuan dan Kependidikan Dasar agrees to the following terms:
- The author retains the copyright and grants the journal the right of first publication of the work simultaneously licensed under the Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal
- The author can enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book) with the acknowledgement of its initial publication in this journal.
- The author is permitted and encouraged to post his/her work online (e.g., in institutional repositories or on their website) before and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of the published work (See The Effect of Open Access).
The names and email addresses entered in this journal site will be used exclusively for the stated purposes of this journal and will not be made available for any other purpose or to any other party.