Pengaruh Model Aptitude-Treatment-Interaction Terhadap Hasil Belajar IPS

Authors

  • Siti Masitoh Fakultas Tarbiyah dan Keguruan IAIN SMH Banten
  • Supardi Supardi Fakultas Tarbiyah dan Keguruan IAIN SMH Banten
Statistics: Abstract viewed : 85 times | PDF (Bahasa Indonesia) downloaded : 91 times

Keywords:

Aptitude Treatment Interaction, Hasil Belajar, Ilmu Pengetahuan Sosial, Kelas Eksperimen dan Kelas Kontrol

Abstract



Abstrak
Penelitian ini bertujuan:1) Mengetahui seberapa besar tingkat penerapan model aptitude treatment interaction pada mata pelajaran IPS; 2) Mengetahui seberapa besar tingkat hasil belajar kelas eksperimen dengan menggunakan model aptitude treatment interaction pada mata pelajaran IPS; 3) Mengatahui seberapa besar tingkat hasil belajar kelas kontrol dengan tidak menggunakan model aptitude treatment interaction pada mata pelajaran IPS; 4) Mengetahui pengaruh hasil belajar IPS siswa dengan menggunakan model aptitude treatment interaction. Penelitian dilakukan di MI Nurul Falah Kubang, menggunakan metode kuasi eksperimen. Data penelitian dikumpulkan melalui observasi. Hasil penelitian ini mendapati; Pertama, tingkat penerapan model aptitude
treatment interaction pada mata pelajaran IPS adalah baik; Kedua, tingkat hasil belajar kelas kontrol sebelum pembelajaran cukup dan sesudah pembelajaran baik; Ketiga, tinggkat hasil belajar kelas eksperimen sebelum pembelajaran cukup dan sesudah pembelajaran baik; Keempat, terdapat pengaruh model aptitude treatment dokumentasi dan tes. Populasi penelitian berjumlah 22 orang untuk kelas kontrol dan 20 orang untuk kelas eksperimen interaction terhadap hasil belajar. Penerapan model aptitude treatment interaction, mampu mewujudkan kondisi belajar yang dinamis, kreatif dan mandiri.

Downloads

Download data is not yet available.

Author Biographies

Siti Masitoh, Fakultas Tarbiyah dan Keguruan IAIN SMH Banten

Alumni Jurusan PGMI Fakultas Tarbiyah dan Keguruan IAIN SMH Banten email:

Supardi Supardi, Fakultas Tarbiyah dan Keguruan IAIN SMH Banten

Fakultas Tarbiyah dan Keguruan IAIN SMH Banten

Published

2017-01-16

How to Cite

Masitoh, S., & Supardi, S. (2017). Pengaruh Model Aptitude-Treatment-Interaction Terhadap Hasil Belajar IPS. Primary : Jurnal Keilmuan Dan Kependidikan Dasar, 8(1), 57 –74. Retrieved from https://ftk.uinbanten.ac.id/journals/index.php/primary/article/view/147

Issue

Section

Articles