PEMANFAATAN DONGENG DALAM PEMBELAJARAN DI SEKOLAH DASAR SEBAGAI MEDIA UNTUK MEMBANGUN KARAKTER SISWA
DOI:
https://doi.org/10.32678/primary.v11i01.2421


Keywords:
Dongeng, Pendidikan Karakter, siswaAbstract
Salah satu tujuan pendidikan adalah untuk menginternalisasikan nilai-nilai
yang ditekankan pada etika-spiritual yang tercermin dalam sikap sehari-hari. Internet
telah menjadi gaya hidup bagi sebagian besar siswa. Karena arus informasi pada
internet hampir tidak bisa dikendalikan, maka moral kaum mudalah yang menjadi
taruhannya. Untuk mengatasi dampak internet terhadap anak-anak sekolah dasar,
guru dapat berlatih mendongeng untuk menciptakan situasi mengajar nyata dalam
mempromosikan karakter yang baik, pembentukan nilai moral akan sangat efektif jika
ditanamkan pada anak usia dini yakni pada siswa SD kelas rendah. Melalui kegiatan
mendongeng, anak dapat mempelajari berbagai karakter dari cerita rakyat dan
menciptakan karakter dalam cerita / dongeng sebagai model peran. Dongeng sebagai
media penanaman karakter pada siswa SD kelas rendah. Dongeng merupakan cerita
yang tidak benar-benar terjadi. Metode penelitian ini adalah jenis penelitian literature
review. Hasil dari penelitian ini didapat dongeng sebagai media dalam penerapan
karakter sangatlah efektif untuk diterapkkan kepada anak sekolah dasar dan perlunya
pembiasaan serta contoh yang baik untuk menumbuhkan karakter dari anak.
Downloads
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
PRIMARY JOURNAL: https://ftk.uinbanten.ac.id/journals/index.php/primary is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License
An author who publishes in PRIMARY: Jurnal Keilmuan dan Kependidikan Dasar agrees to the following terms:
- The author retains the copyright and grants the journal the right of first publication of the work simultaneously licensed under the Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal
- The author can enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book) with the acknowledgement of its initial publication in this journal.
- The author is permitted and encouraged to post his/her work online (e.g., in institutional repositories or on their website) before and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of the published work (See The Effect of Open Access).
The names and email addresses entered in this journal site will be used exclusively for the stated purposes of this journal and will not be made available for any other purpose or to any other party.