PENGEMBANGAN PENILAIAN OTENTIK BERBASIS WEBSITE

Authors

  • Robiatul Munajah Universitas Trilogi Jakarta
  • Rudi Setiawan Universitas Trilogi Jakarta

DOI:

https://doi.org/10.32678/primary.v12i2.2735
Statistics: Abstract viewed : 371 times | pdf (Bahasa Indonesia) downloaded : 504 times

Keywords:

Penilaian Otentik, Website.

Abstract

Perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi semakin lama semakin pesat dibidang teknologi informasi, salah satu contohnya adalah teknologi internet. Pada tingkat pendidikan Sekolah Dasar belum banyak sekolah yang memanfaatkan dengan baik teknologi ini. Seperti layanan untuk mengetahui informasi nilai. Penilaian otentik dalam konteks penilaian karakter merupakan penilaian yang berdasarkan atas kegiatan atau aktivitas yang dilakukan oleh peserta didik. Hal tersebut untuk mengetahui perkembangan kreatifitas, kemampuan, belajar dan karakter peserta didik. Maka dari itu, guru harus mampu mengatur strategi dan mengembangkan model penilaian karakter dalam penilaian otentik berbasis website guna meningkatkan komunikasi antara guru siswa dan orang tua murid. Selain itu, guru berusaha mampu berlaku adil dan mampu menilai atau mengidentifikasi karakteristik yang dimiliki peserta didik. Pengolahan data nilai otentik atau penilaian karakter saat ini masih menggunakan cara manual, proses ini dinilai cukup lamban dan dibutuhkan ketelitian yang tinggi untuk menjaga keakuratan data tersebut. Oleh karena itu diperlukannya pengembangan sistem untuk mengefisienkan waktu dan keakuratan data. Melalui penelitian ini peneliti berusaha untuk mengembangkan suatu produk instrumen penilaian berbasis website yang berdaya guna. Pada penelitian ini produk yang dihasilkan adalah model instrumen penilaian berbasis website sebagai alternatif alat penilaian yang mudah di akses dan bersifat otentik.

Kata kunci : Penilaian Otentik, Website.


Downloads

Download data is not yet available.

Published

2020-12-31

How to Cite

Munajah, R., & Setiawan, R. (2020). PENGEMBANGAN PENILAIAN OTENTIK BERBASIS WEBSITE. Primary : Jurnal Keilmuan Dan Kependidikan Dasar, 12(2), 89–102. https://doi.org/10.32678/primary.v12i2.2735