Implementasi Pembelajaran dan Peningkatan Kegemaran Membaca di SD/MI

Authors

  • Humaeroh Humaeroh IAIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten.
Statistics: Abstract viewed : 127 times | PDF (Bahasa Indonesia) downloaded : 211 times

Keywords:

Motivasi, Minat, Gemar Membaca

Abstract

Arah dan orientasi Pembelajaran membaca di sekolah mempunyai tujuan utama, pertama memungkinkan siswa agar mampu menikmati kegiatan membaca, hal ini sangat penting mengingat kenikmatan mem-baca adalah dasar bagi kegiatan membaca. Tanpa rasa nikmat yang dirasakan siswa, pembelajaran membaca bisa saja tidak mampu men-capai tujuan yang diharapkan. Dengan demikian langkah awal pembe-lajaran membaca harus ditujukan agar siswa termotivasi membaca sehingga ia bisa menjadikan membaca sebagai kegiatan yang menye-nangkan. Tujuan ini menjadi sangat penting sebab mencintai membaca adalah modal awal agar siswa bisa membaca sekaligus tetap menjadi pembaca. Namun demikian pembelajaran di sekolah terkadang melu-pakan tujuan ini, sehingga sekolah hanya mampu menghasilkan siswa yang dapat membaca tetapi tidak suka membaca. Siswa pandai mem-baca tapi masih menganggap membaca adalah kegiatan yang membo-sankan. Karena hal terbaik adalah menumbuhkan siswa yang cinta membaca lebih penting dari sekedar menciptakan siswa yang mampu membaca. Kedua, mampu membaca dalam hati dengan kecepatan baca yang fleksibel guna memperoleh pemahaman yang cukup.

Downloads

Download data is not yet available.

Author Biography

Humaeroh Humaeroh, IAIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten.

Dosen IAIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten.

Published

2017-06-21

How to Cite

Humaeroh, H. (2017). Implementasi Pembelajaran dan Peningkatan Kegemaran Membaca di SD/MI. Primary : Jurnal Keilmuan Dan Kependidikan Dasar, 7(1), 11 –. Retrieved from https://ftk.uinbanten.ac.id/journals/index.php/primary/article/view/300

Issue

Section

Article