ORIENTASI MODEL PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA

Authors

  • Firman Firman

DOI:

https://doi.org/10.32678/primary.v4i2.3018
Statistics: Abstract viewed : 168 times | PDF (Bahasa Indonesia) downloaded : 599 times

Keywords:

bahasa Indonesia, pembelajaran, orientasi, model

Abstract

Bahasa Indonesia merupakan mata pelajaran yang wajib diberikan pada setiap jenjang pendidikan di sekolah, mulai dari jenjang Sekolah Dasar (SD) sampai dengan Sekolah Menengah Atas (SMA). Mata pelajaran Bahasa Indonesia di SD diberikan untuk membekali siswa kompetensi kebahasaan untuk kebutuhan berkomunikasi lisan dan tulis, baik yang reseptif seperti menyimak dan membaca maupun yang produktif, berbicara dan menulis. Keberhasilan pembelajaran Bahasa Indonesia di SD akan ditentukan oleh kemampuan guru dalam menyajikan materi yang sesuai dengan karakteristik dan kemampuan atau perkembangan siswa. Oleh karena itu, guru perlu memahami prinsip-prinsip yang mendasari pengembangan strategi, metode, pendekatan, dan penilaian pembelajaran Bahasa Indonesia di SD berupa orientasi model pembelajaran Bahasa Indonesia. Dengan demikian, guru dapat merangcang kegiatan pembelajaran sesuai dengan perkembangan dan kebutuhan siswa. Setiap strategi, metode, dan pendekatan pembelajaran memiliki kelebihan dan kekurangan masing-masing. Oleh karena itu, guru harus mampu memilih dan menentukan strategi, metode, dan pendekatan berdasarkan orientas dan model pembelajaran yang sesuai dengan materi dan kebutuhan siswa. Dengan demikian, guru dapat merangcang persiapan pembelajaran, seperti rencana pelaksanaan pembelajaran (RPP), media pembelajaran, dan alat evaluasi pembelajaran.

Downloads

Download data is not yet available.

Published

2012-12-05

How to Cite

Firman, F. (2012). ORIENTASI MODEL PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA. Primary : Jurnal Keilmuan Dan Kependidikan Dasar, 4(2), 127–142. https://doi.org/10.32678/primary.v4i2.3018