ORIENTASI MODEL PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA
DOI:
https://doi.org/10.32678/primary.v4i2.3018


Keywords:
bahasa Indonesia, pembelajaran, orientasi, modelAbstract
Bahasa Indonesia merupakan mata pelajaran yang wajib diberikan pada setiap jenjang pendidikan di sekolah, mulai dari jenjang Sekolah Dasar (SD) sampai dengan Sekolah Menengah Atas (SMA). Mata pelajaran Bahasa Indonesia di SD diberikan untuk membekali siswa kompetensi kebahasaan untuk kebutuhan berkomunikasi lisan dan tulis, baik yang reseptif seperti menyimak dan membaca maupun yang produktif, berbicara dan menulis. Keberhasilan pembelajaran Bahasa Indonesia di SD akan ditentukan oleh kemampuan guru dalam menyajikan materi yang sesuai dengan karakteristik dan kemampuan atau perkembangan siswa. Oleh karena itu, guru perlu memahami prinsip-prinsip yang mendasari pengembangan strategi, metode, pendekatan, dan penilaian pembelajaran Bahasa Indonesia di SD berupa orientasi model pembelajaran Bahasa Indonesia. Dengan demikian, guru dapat merangcang kegiatan pembelajaran sesuai dengan perkembangan dan kebutuhan siswa. Setiap strategi, metode, dan pendekatan pembelajaran memiliki kelebihan dan kekurangan masing-masing. Oleh karena itu, guru harus mampu memilih dan menentukan strategi, metode, dan pendekatan berdasarkan orientas dan model pembelajaran yang sesuai dengan materi dan kebutuhan siswa. Dengan demikian, guru dapat merangcang persiapan pembelajaran, seperti rencana pelaksanaan pembelajaran (RPP), media pembelajaran, dan alat evaluasi pembelajaran.
Downloads
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
PRIMARY JOURNAL: https://ftk.uinbanten.ac.id/journals/index.php/primary is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License
An author who publishes in PRIMARY: Jurnal Keilmuan dan Kependidikan Dasar agrees to the following terms:
- The author retains the copyright and grants the journal the right of first publication of the work simultaneously licensed under the Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal
- The author can enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book) with the acknowledgement of its initial publication in this journal.
- The author is permitted and encouraged to post his/her work online (e.g., in institutional repositories or on their website) before and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of the published work (See The Effect of Open Access).
The names and email addresses entered in this journal site will be used exclusively for the stated purposes of this journal and will not be made available for any other purpose or to any other party.