Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Matematika Pokok Bahasan Penjumlahan dan Pengurangan Pecahan Melalui Metode Penemuan Terbimbing (Guided Discovery)
DOI:
https://doi.org/10.32678/primary.v4i2.3021


Keywords:
Hasil Belajar Siswa, Pecahan, Metode Penemuan TerbimbingAbstract
Metode penemuan terbimbing (Guided Discovery) merupakan alternatif dalam penyegaran metode yang sudah ada, yang memberikan wahana interaksi antar siswa, pengalaman langsung, mengembangkan kemampuan berpikir melalui kegiatan eksperimental, dan dengan bimbingan guru dalam bentuk pertanyaan-pertanyaan, siswa diarahkan untuk menemukan sesuatu yang diharapkan. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas atau Classroom Action Research model Kemmis & Mc. Taggart yang dilaksanakan dalam dua siklus. Penelitian ini dilaksanakan pada semester II Tahun Pelajaran 2011/2012, pada tanggal 15 Mei sampai dengan 21 Juni Tahun 2012, di Kelas V SDN Kubangkalak, Kecamatan Purwakarta, Kota Cilegon. Hasil PTK ini dapat disimpulkan bahwa penggunaan metode penemuan terbimbing dapat meningkatkan hasil belajar siswa Kelas V SDN Kubangkalak. Hal ini dilihat dari persentase kenaikan nilai tes matematika siswa Kelas V SDN Kubangkalak mulai dari kondisi awal pada studi pendahuluan sampai dengan siklus 2. Pada studi pendahuluan, sebanyak 10 siswa atau sekitar 34,48% dari 29 siswa yang hadir dari jumlah seluruhnya yaitu 31 siswa memperoleh nilai sama dengan atau lebih dari KKM. Pada siklus 1, sebanyak 25 siswa atau sekitar 86,21% dari 29 siswa yang hadir memperoleh nilai sama dengan atau lebih dari KKM. Pada siklus 2, sebanyak 25 siswa atau sekitar 100% dari 25 siswa yang hadir memperoleh nilai sama dengan atau lebih dari KKM. Hasil penelitian tersebut menunjukkan adanya kenaikan persentase sebesar 51,73% terhadap jumlah siswa yang memperoleh nilai sama dengan atau lebih dari KKM pada siklus 1dan sebesar 13,79% pada siklus 2.
Downloads
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
PRIMARY JOURNAL: https://ftk.uinbanten.ac.id/journals/index.php/primary is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License
An author who publishes in PRIMARY: Jurnal Keilmuan dan Kependidikan Dasar agrees to the following terms:
- The author retains the copyright and grants the journal the right of first publication of the work simultaneously licensed under the Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal
- The author can enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book) with the acknowledgement of its initial publication in this journal.
- The author is permitted and encouraged to post his/her work online (e.g., in institutional repositories or on their website) before and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of the published work (See The Effect of Open Access).
The names and email addresses entered in this journal site will be used exclusively for the stated purposes of this journal and will not be made available for any other purpose or to any other party.