Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Matematika Pokok Bahasan Penjumlahan dan Pengurangan Pecahan Melalui Metode Penemuan Terbimbing (Guided Discovery)

Authors

  • Noviyanti Noviyanti Alumni S1 di Prodi PGMI IAIN “Sultan Maulana Hasanuddin” Banten

DOI:

https://doi.org/10.32678/primary.v4i2.3021
Statistics: Abstract viewed : 81 times | PDF (Bahasa Indonesia) downloaded : 95 times

Keywords:

Hasil Belajar Siswa, Pecahan, Metode Penemuan Terbimbing

Abstract

Metode penemuan terbimbing (Guided Discovery) merupakan alternatif dalam penyegaran metode yang sudah ada, yang memberikan wahana interaksi antar siswa, pengalaman langsung, mengembangkan kemampuan berpikir melalui kegiatan eksperimental, dan dengan bimbingan guru dalam bentuk pertanyaan-pertanyaan, siswa diarahkan untuk menemukan sesuatu yang diharapkan. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas atau Classroom Action Research model Kemmis & Mc. Taggart yang  dilaksanakan dalam dua siklus. Penelitian ini dilaksanakan pada semester II Tahun Pelajaran 2011/2012, pada tanggal 15 Mei sampai dengan 21 Juni Tahun 2012, di Kelas V SDN Kubangkalak, Kecamatan Purwakarta, Kota Cilegon. Hasil PTK ini dapat disimpulkan bahwa penggunaan metode penemuan terbimbing dapat meningkatkan hasil belajar siswa Kelas V SDN Kubangkalak. Hal ini dilihat dari persentase kenaikan nilai tes matematika siswa Kelas V SDN Kubangkalak mulai dari kondisi awal pada studi pendahuluan sampai dengan siklus 2. Pada studi pendahuluan, sebanyak 10 siswa atau sekitar 34,48% dari 29 siswa yang hadir  dari jumlah seluruhnya yaitu 31 siswa memperoleh nilai sama dengan atau lebih dari KKM. Pada siklus 1, sebanyak  25 siswa atau sekitar 86,21% dari 29 siswa yang hadir memperoleh nilai sama dengan atau lebih dari KKM. Pada siklus 2, sebanyak 25 siswa atau sekitar 100% dari 25 siswa yang hadir memperoleh nilai sama dengan atau lebih dari KKM.  Hasil penelitian tersebut menunjukkan adanya kenaikan persentase sebesar 51,73% terhadap jumlah siswa yang memperoleh nilai sama dengan atau lebih dari KKM pada siklus 1dan sebesar 13,79% pada siklus 2.

Downloads

Download data is not yet available.

Published

2012-12-05

How to Cite

Noviyanti, N. (2012). Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Matematika Pokok Bahasan Penjumlahan dan Pengurangan Pecahan Melalui Metode Penemuan Terbimbing (Guided Discovery). Primary : Jurnal Keilmuan Dan Kependidikan Dasar, 4(2), 181–194. https://doi.org/10.32678/primary.v4i2.3021