Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Sains/Ipa Pada Konsep Penyesuaian Diri Makhluk Hidup Dengan Menggunakan Pendekatan Quantum Learning
DOI:
https://doi.org/10.32678/primary.v4i2.3023


Keywords:
Quantum Learning, Hasil belajar, Penyesuaian Diri Makhluk HidupAbstract
Mata pelajaran sains adalah program pelajaran yang menanamkan, mengembangkan pengetahuan yang berkaitan dengan alam sekitar sehingga mampu menjadikan anak yang mencintai lingkungan dan penciptaan-Nya. Salah satu tujuan pengajaran sains adalah membuat siswa mampu memiliki keterampilan untuk dapat mengembangkan wawasan pengetahuan, menumbuhkan pemahaman dan gagasan tentang alam sekitar dan dapat menjelaskan fenomena-fenomena alam yang terjadi dalam kehidupan sehari-hari. Kesimpulan dalam penelitian ini yaitu: Pendekatan Quantum Learning (QL) dapat meningkatkan hasil belajar siswa. Dengan memperoleh nilai rata – rata pada tes pra siklus yaitu 55,71 , siklus I yaitu 66,42, siklus II yaitu 77,55. Dengan demikian proses pembelajaran Sains/IPA dengan menggunakan pendekatan Quantum Learning (QL) terutama pada materi penyesuain diri makhluk hidup dengan soal esai dapat meningkatkan hasil belajar sebesar 11,13% dari siklus I ke siklus II. Aktivitas belajar siswa pada Pembelajaran Sains/IPA di sekolah Dasar dengan menggunakan pendekatan Quantum Learning (QL) juga mengalami peningkatan sebesar 1.3% hal ini dapat dilihat dari nilai rata – rata aktivitas belajar siswa pada tiap siklusnya. Pada siklus I nilai rata – rata aktivitas belajar siswa sebesar 1,8 dan pada tahap siklus II nilai rata – rata aktivitas belajar siswa sebesar 3,1.
Downloads
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
PRIMARY JOURNAL: https://ftk.uinbanten.ac.id/journals/index.php/primary is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License
An author who publishes in PRIMARY: Jurnal Keilmuan dan Kependidikan Dasar agrees to the following terms:
- The author retains the copyright and grants the journal the right of first publication of the work simultaneously licensed under the Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal
- The author can enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book) with the acknowledgement of its initial publication in this journal.
- The author is permitted and encouraged to post his/her work online (e.g., in institutional repositories or on their website) before and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of the published work (See The Effect of Open Access).
The names and email addresses entered in this journal site will be used exclusively for the stated purposes of this journal and will not be made available for any other purpose or to any other party.