PENGGUNAAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STUDENT TEAM ACHIEVEMENT DIVISIONS (STAD) UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN MATEMATIKA

Authors

  • Novita Dwi Astuti STKIP PGRI Metro Lampung
Statistics: Abstract viewed : 127 times | PDF (Bahasa Indonesia) downloaded : 126 times

Keywords:

model pembelajaran kooperatif tipe STAD, hasil belajar

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk melihat peningkatan hasil belajar matematika menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe STAD. Metode yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas. Penelitian dilaksanakan dalam 3 siklus. Data penelitian diperoleh melalui observasi dan tes formatif. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis data kualitatif dan kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa hipotesis diterima, yaitu hasil pembelajaran pada siklus I terdapat 12 orang siswa (54,55%) mencapai ketuntasan belajar, pada siklus II meningkat menjadi 15 siswa (68,18%), dan untuk siklus III meningkat menjadi 19 orang siswa (86,36%) dengan KKM ≥60. Diharapkan para guru menggunakan model pembelajaran yang disesuaikan dengan materi yang akan disampaikan.

Downloads

Download data is not yet available.

Author Biography

Novita Dwi Astuti, STKIP PGRI Metro Lampung

Dosen STKIP PGRI Metro Lampung Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar

Published

2017-07-11

How to Cite

Astuti, N. D. (2017). PENGGUNAAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STUDENT TEAM ACHIEVEMENT DIVISIONS (STAD) UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN MATEMATIKA. Primary : Jurnal Keilmuan Dan Kependidikan Dasar, 9(1), 1–8. Retrieved from https://ftk.uinbanten.ac.id/journals/index.php/primary/article/view/312

Issue

Section

Article