Upaya Meningkatkan Kemampuan Pemahaman Siswa Tentang Pemilu Pada Mata Pelajaran PKn Dengan Penggunaan Media Dan Metode Yang Bervariasi

Authors

  • Yaman Setiaman SDN Purwaraja 3 Kec. Menes Kab. Pandeglang

DOI:

https://doi.org/10.32678/primary.v9i02.423
Statistics: Abstract viewed : 127 times | PDF (Bahasa Indonesia) downloaded : 107 times

Keywords:

Media Variasi, PTK, PKn

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui langkah-langkah penggunaan media dan metode yang bervariasi pada pembelajaran PKn di Kelas VI SD serta bagaimana peningkatan kemampunan pemahaman siswa yang terjadi setelah tindakan diberikan, khususnya tentang pemilu. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas yang terdiri atas 2 siklus. Desain PTK yang digunakan adalah desain Kemmis dan Mc. Taggart, di mana pelaksanaan pengamatan dilakukan bersamaan dengan pemberian tindakan saat pembelajaran berlangsung. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat peningkatan kemampuan pemahaman siswa tentang pemilu dengan penggunaan media dan metode yang bervariasi pada pembelajaran PKn.

Downloads

Download data is not yet available.

Author Biography

Yaman Setiaman, SDN Purwaraja 3 Kec. Menes Kab. Pandeglang

Guru SDN Purwaraja 3 Kec. Menes Kab. Pandeglang

Published

2017-12-29

How to Cite

Setiaman, Y. (2017). Upaya Meningkatkan Kemampuan Pemahaman Siswa Tentang Pemilu Pada Mata Pelajaran PKn Dengan Penggunaan Media Dan Metode Yang Bervariasi. Primary : Jurnal Keilmuan Dan Kependidikan Dasar, 9(2), 159–170. https://doi.org/10.32678/primary.v9i02.423