PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN SNOWBALL THROWING DENGAN MEDIA KARTU TERHADAP HASIL BELAJAR MATA PELAJARAN IPA KELAS IV DI MADRASAH IBTIDAIYAH

Authors

  • Triwidya Ningsih Jurusan Pendidikan Agama islam UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta

DOI:

https://doi.org/10.32678/primary.v13i1.4719
Statistics: Abstract viewed : 108 times | PDF (Bahasa Indonesia) downloaded : 227 times

Keywords:

snowball throwing, hasil belajar

Abstract

Pada penelitian ini peneliti membahas tentang rendahnya hasil dari belajarnya anak kelas IV pada materi alat indera di MI. Permasalahan yang dikaji terkait dengan seberapa otoritas model Snowball Throwing terhadap hasil pencapaian belajar anak didik, kemudian otoritas dari pencapaian hasil dari belajar anak diawal dan diakhir menggunkan model snowball throwing, serta adanya pengaruh model snowball throwing pada pencapaian hasil belajar anak di kelas IV MI. Jumlah populasi berjumlah 19 orang siswa, diambil dari semua kelas IV dan seluruh jumlah siswa dijadikan sampel pada penelitian. Teknik pengumpulan data yang di ambil yakni dokumntasi, observasi, wawancara dan tes. Menggunakan jenis eksperimen design melalui pendekatan kuantitatif.

Dari hasil peneltian menunjukan bahwa sebelum menerapkan model pembelajaran snowball throwing hasil belajar rata-rata mendapat skor 35, sedangkan yang sesudah menerapkan model snowball throwing mengalami kenaikan hasil belajar pada skor rata-rata 76. Hal ini menunjukan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan sesudah mengaplikasikan model pembelajaran snowball throwing terhadap hasil belajar siswa. karena to≥tt =0,01<699>0,052. Hal ini menunjukan bahwa model pembelajran snowball throwing ini dapat meningkatkan hasil belajar khusunya pada mata pelajaran IPA.

Downloads

Download data is not yet available.

Published

2021-06-29

How to Cite

Ningsih, T. (2021). PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN SNOWBALL THROWING DENGAN MEDIA KARTU TERHADAP HASIL BELAJAR MATA PELAJARAN IPA KELAS IV DI MADRASAH IBTIDAIYAH. Primary : Jurnal Keilmuan Dan Kependidikan Dasar, 13(1), 21–30. https://doi.org/10.32678/primary.v13i1.4719

Issue

Section

Articles