Penggunaan Media Animasi dalam Model Pembelajaran Langsung untuk Meningkatkan Hasil Belajar IPA Terpadu

Authors

  • Nurmansyah Nurmansyah Guru SMPN 2 Jaya Kab. Aceh Jaya Prov. Aceh

DOI:

https://doi.org/10.32678/primary.v7i2.6416
Statistics: Abstract viewed : 99 times | PDF (Bahasa Indonesia) downloaded : 75 times

Keywords:

Media Animasi, Pembelajaran Langsung, Hasil Belajar

Abstract

Penelitian Tindakan Kelas (Classroom Action Research) ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar siswa melalui penggunaan media animasi dalam pembelajaran langsung. Hasil analisis data tersebut adalah sebagai berikut: (1) Persentase hasil belajar IPA terpadu setelah dikelompokkan menjadi 5 kategori pada siklus I yaitu baik sekali 29, 03%, baik 32,26%, cukup 29,03% dan kurang 9,68%, dengan nilai rata-rata 70,32, skor tertinggi 85,71, nilai terendah 51,43, standar deviasi 10,32, dan ketuntasan kelas 70,96%. (2) Persentase hasil belajar IPA terpadu setelah dikelompokkan menjadi 5 kategori pada siklus II yaitu baik sekali 53,125%, baik , cukup 25,00%, dengan nilai rata-rata 76,34, skor tertinggi 94,29, skor terendah 60,00, standar deviasi 8,746, dan ketuntasan kelas 90,625%. (3) Aktivitas siswa yang bersifat positif seperti mendengarkan penjelasan guru, bertanya, menjawab atau menanggapi pertanyaan, menulis materi penting, bekerjasama dalam kelompok, membaca buku paket atau materi, mengalami peningkatan persentase dari setiap siklus. Aktivitas yang bersifat negatif seperti belajar pelajaran lain, mengganggu teman, dan keluar masuk kelas, mengalami penurunan persentase dari setiap siklus. Dari hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa penggunaan media animasi dalam model pembelajaran langsung meningkatkan hasil belajar IPA terpadu siswa kelas VIII B SMP Negeri 2 Jaya, dari nilai rata-rata 70,32 menjadi 76,34.

Downloads

Download data is not yet available.

Published

2015-12-20

How to Cite

Nurmansyah, N. (2015). Penggunaan Media Animasi dalam Model Pembelajaran Langsung untuk Meningkatkan Hasil Belajar IPA Terpadu. Primary : Jurnal Keilmuan Dan Kependidikan Dasar, 7(2), 157–168. https://doi.org/10.32678/primary.v7i2.6416