Aplikasi Pendekatan Realistic Mathematics Education untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep Siswa Terhadap Konsep FPB dan KPK
DOI:
https://doi.org/10.32678/primary.v7i2.6417


Keywords:
RME, KPK, FPBAbstract
Konsep KPK dan FPB bagi siswa kelas VI SD merupakan materi yang pernah dipelajari pada kelas V. Hanya saja KPK dan FPB di kelas VI dipelajari dengan teknik yang berbeda. Akan tetapi, walaupun sudah dipelajari ternyata siswa kelas VI SDN Cilayang I masih belum memahami mengenai keterkaitan antara KPK dan FPB dengan konteks kehidupan sehari-hari. Hal inilah yang melatarbelakangi penelitian tindakan kelas pada pembelajaran matematika konsep KPK dan FPB dengan menggunakan pendekatan RME. Hasil penelitian menunjukkan adanya perubahan ke arah yang lebih baik dilihat dari aspek proses pembelajaran dan juga dari aspek hasil belajar siswa. Pada saat pembelajaran siswa berperan sebagai pebelajar aktif karena guru memfasilitasi siswa dengan lembar kegiatan siswa yang mengarahkan siswa memahami konsep KPK dan FPB berdasarkan permasalahan yang ada daam kehidupan sehari-hari. Pemahaman siswa terhadap konsep KPK dan FPB setelah siswa mempelajarinya dengan pendekatan RME pun terlihat ada peningkatan. Pada siklus I persentase ketuntasan mencapai 73,68% dan siklus II menjadi 100%
Downloads
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
PRIMARY JOURNAL: https://ftk.uinbanten.ac.id/journals/index.php/primaryis licensed under aCreative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License
An author who publishes in PRIMARY: Jurnal Keilmuan dan Kependidikan Dasar agrees to the following terms:
- The author retains the copyright and grants the journal the right of first publication of the work simultaneously licensed under the Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal
- The author can enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book) with the acknowledgement of its initial publication in this journal.
- The author is permitted and encouraged to post his/her work online (e.g., in institutional repositories or on their website) before and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of the published work (See The Effect of Open Access).
The names and email addresses entered in this journal site will be used exclusively for the stated purposes of this journal and will not be made available for any other purpose or to any other party.