Hubungan Persepsi Guru dan Supervisi Kepala Sekolah Terhadap Kinerja Guru

Authors

  • Afwan Tarihoran Universitas Muhammadiyah TapSel
Statistics: Abstract viewed : 105 times | PDF (Bahasa Indonesia) downloaded : 78 times

Keywords:

Persepsi, Supervisi Kepala Sekolah dan kinerja guru

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan dan besarnya kontribusi persepsi guru tentang implementasi supervisi kepala sekolah  kinerja guru. Penelitian dilakukan di SMP Negeri Kecamatan Saipar Dolok Hole Kabupaten Tapanuli Selatan dengan populasi  semua guru SMP Negeri berjumlah 49 orang yang tersebar di 3 unit Sekolah. Pengambilan sampel dilakukan secara proporsional acak strata berdasarkan status guru yang terdiri dari PNS dan Non PNS dan  jenjang pendidikan guru yang terdiri dari sarjana (S-1) dan tidak sarjana (S-0) dengan jumlah sampel 45 orang. Teknik analisis data yang dilakukan adalah teknik analisis statistik terdiri dari analisis diskripsi, pengujian persyaratan analisis dan pengujian hipotesis.

Hasil penelitian ini menunjukkan: hubungan persepsi guru tentang implementasi supervisi kepala sekolah dengan kinerja guru di SMP Negeri Kecamatan Saipar Dolok Hole positif dan signifikan dengan koefisien korelasi sebesar 0,63 dan persamaan regresi Ỷ = 36,45 + 0,47X; dan terdapat  sebesar 39,26% kontribusi persepsi guru tentang implementasi supervisi kepala sekolah dengan kinerja guru. Dengan  demikian disarankan dalam upaya meningkatkan kinerja guru dalam proses pembelajaran perlu ditingkatkan persepsi guru tentang implementasi supervisi kepala sekolah

Downloads

Download data is not yet available.

Author Biography

Afwan Tarihoran, Universitas Muhammadiyah TapSel

Universitas Muhammadiyah TapSel, Universitas Muhammadiyah TapSel, Sumut

Published

2012-06-29

How to Cite

Tarihoran, A. (2012). Hubungan Persepsi Guru dan Supervisi Kepala Sekolah Terhadap Kinerja Guru. Primary : Jurnal Keilmuan Dan Kependidikan Dasar, 4(1), 19–36. Retrieved from https://ftk.uinbanten.ac.id/journals/index.php/primary/article/view/742

Issue

Section

Article