IMPLEMETASI METODE SILABA DALAM MEMBACA PERMULAAN SISWA KELAS 1 SEKOLAH DASAR

Authors

  • Alwah Maskuroh UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten
  • Sabri Sabri UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten
  • Imas Mastoah UIN Sultan Maulana Hasanuddin banten

DOI:

https://doi.org/10.32678/primary.v15i2.9646
Statistics: Abstract viewed : 392 times | PDF (Bahasa Indonesia) downloaded : 393 times

Keywords:

Silaba Method, Beginning Reading, , Class I Students

Abstract

Abstrak. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripskan implementasi metode silaba dalam membaca permulaan siswa kelas I MI Mathlaul Anwar Sangiang, untuk mengidentifikasi kendala yang dihadapi oleh guru dalam penerapan metode silaba dalam membaca permulaan siswa kelas I MI Mathlaul Anwar Sangiang. Latar belakang dari penelitian ini adalah lemahnya kemampuan membaca permulaan siswa kelas I. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian kualitatif yaitu peneliti mendeskripsikan hasil penelitian sesuai degan kenyataannya. Instrument kunci dari penelitian ini yaitu peneliti sendiri, dengan teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Data yang diperoleh dianalisis dengan model Miles and Huberman yaitu reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa dalam implementasi metode silaba dalam membaca permulaan siswa kelas I MI Mathlaul Anwar Sangiang berjalan dengan cukup baik meskipun terdpat beberapa kendala yang terjadi dalam penerapan metode silaba dalam membaca permulaan siswa kelas I MI Mathlaul Anwar Sangiang.

 

Downloads

Download data is not yet available.

References

Abdussamad, H. Zuchri. Metode Penelitian Kualitatif. Sulawesi Selatan: Syakir Media Press, 2021.

Ammah, Erisy Syawiril. “Sintesis Hasil Penelitian Membaca Sebagai Landas Pijak Penyusunan Pembelajaran Membaca Dalam Bingkai Kurikulum 2013.” Ar-Risalah Vol. XVIII, no. 2 (2016).

Andini, Nur Ayni Sri. Metode Bermain Peran Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Dalam Pembelajaran IPS. Riau: DOTPLUS Publisher, 2021.

Aqib, Zainal, and Ali Murtadio. A-Z Ensiklopedia Metode Pembelajaran Inovatif. Yogyakarta: Pustaka Referensi, 2022.

Arifa, Dewi. Peningkatan Keterampilan Membaca Cerpen Dengan Metode P2R. Malang: Mrdia Nusa Creative, 2017.

Asip, Muhammad, Try Annisa Lestari, Maisura, Juliati, Lika Apreasta, Dwi Setyaningsih, Eka Rihan K., et al. Pembelajaran Bahasa Dan Sastra Indonesia Di SD. Jawa Barat: Media Sains Indonesia, 2022.

Aslan, and Wahyudin. Kurikulum Dalam Tantangan Perubahan. Sumatera Utara: Bookies Indonesia, 2020.

Bastian, Adolf, and Rewita. Model Dan Pendekatan Pembelajaran. Indramayu: Penerbit Adab, 2022.

Budi, S. Gunarjo. Penerapan Berbagai Model Dan Metode Pembelajaran. Jawa Barat: Guepedia, 2022.

Burhan, Nurgiyantoro. Penilaian Pembelajaran Bahasa Berbasis Kompetensi. Yogyakarta: BPEF, 2013.

Butarbutar, Marisi, Hastin Umi Anisah, Bestadrian Prawiro Theng, Christina Yanita Setyawati, Nobelson, Prima Yustitia Nurul Islami, Purnama Indah Sari, et al. Metodologi Penelitian: Pendekatan Multidisipliner. Jawa Barat: Penerbit Media Sains Indonesia, 2022.

Darmadi. Pengembangan Model Dan Metode Pembelajaran Dalam Dinamika Belajar Siswa. Yogyakarta: Deepublish, 2017.

Efendi, Rinja. “Penerapan Metode Silaba Untuk Meningkatkan Keterampilan Menulis Permulaan Pada Mata Pelajaran Bahasa Indonesia.” Jurnal pendidikan Rokania Vol. II, no. 2 (2017).

Fadhilah, Dilla, Aulia Fitroh, Nur Sania L., and Dini Damayanti. Materi Ajar Pembelajaran Bahasa Indonesia Kelas Tinggi. Jawa Barat: CV Jejak, anggota IKAPI, 2022.

Fahrurrozi. “Pembelajaran Membaca Permulaan Di Sekolah Dasar.” Jurnal Ilmiah PGSD X, no. 2 (2016).

Fatonah, Nurul. Peran Orangtua Dalam Literasi Anak. Garut: Cahaya Smart Nusantara, 2022.

Fitrah, Muh., and Luthfiyah. Metodologi Penelitian. Jawa Barat: CV Jejak, 2017.

Flantika, Feny Rita, Mohammad Wasil, Sri Jumiyati, Leli Honesti, Sri Wahyuni, Erland Mouw, Jonata, et al. Metodologi Penelitian Kualitatif. Sumatera Barat: PT. Global Eksekutif Teknologi, 2022.

Gafur, Abdul, Muslimah, Muhammad Ubaidillah, Dedi Rismanto, Muwafiqus Shobri, Hasnawati, Dedi Andrianto, et al. Metode Penelitian Kualitatif Dalam Manajemen Pendidikan Islam. Jawa Barat: Penerbit Media Sains Indonesia, 2022.

Ginting, Br Meta. Buku Ajar Bahasa Indonesia Sekolah Dasar Kelas Rendah. Jateng: Penerbit Lakeisha, 2020.

Hidayat, Rahmat. “Meningkatkan Kemampuan Membaca Permulaan Melalui Metode Silaba Untuk Anak Berkesulitan Belajar Kelas 2 SD NEGERI 09 Koto Luar Padang.” Jurnal Ilmiah Pendidikan Khusus Vol.3, no. 1 (2014).

Mamik. Metodologi Kualitatif. Jawa Timur: Zifatama Publisher, 2015.

Mardawani. Praktis Penelitian Kualitatif Teori Dasar Dan Analisis Data Dalam Perspektif Kualitatif. Yogyakarta: Deepublish, 2020.

Mariyaningsih, Nining, and Mistina Hidayati. Bukan Kelas Biasa Teori Dan Praktik Berbagai Model Dan Metode Pembelajaran Menerapkan Inovasi Pembelajaran Di Kelas-Kelas Inspiratif. Surakarta: CV Kekata Grup, 2018.

Maula, Ismatul, Sofyan, Zaenal Arifin, Hilyati Arif Liwa, Siskha Putri Sayekti, Adelia Alfama Zamista, Eva Siti Faridah, Miftah Wangsadanureja, and Hanifatul Rahmi. Pengembangan Metode Pembelajaran PAI Di Masa Pandemi COVID-19. Jawa Barat: Penerbit Media Sains Indonesia, 2021.

Musbikin, Imam. Penguatan Karakter Gemar Membaca, Integritas, Dan Rasa Ingin Tahu. Bandung: NUSA MEDIA, 2021.

Muyassyaroh, Itta. Peningkatan Kemampuan Membaca Permulaan Dengan Media Tubakos. Bekasi: Penerbit Mikro Media Teknologi, 2022.

Nugraha, Mohammad Fahmi, Budi Hendrawan, Anggia Suci Pratiwi, Rahmat Permana, Yopa Taufik Saleh, Meiliana Nurfitri, Milah Nurkamilah, Asti Trilestari, and Wan Ridwan Husen. Pengantar Pendidikan Dan Pembelajaran Di Sekolah Dasar. Jawa Barat: EDU PUBLISHER, 2020.

Pramesti, Fitria. “Analisis Faktor-Faktor Penghambat Membaca Permulaan Pada Siswa Kelas I SD.” Ilmiah Sekolah Dasar 2, no. 3 (2018).

Putri, Rahmawida, Dewi Rosmalia, Fahmi, Pardomuan Robinson Sihombing, Sawaluddin Siregar, I Ketut Suardika, Wahyu Dewi Warsitasari, Hairil Akbar, Rismayani, and M. Zahari. Metodologi Penelitian Sosial. Aceh: Yayasan Penerbit Muhammad Zaini, 2021.

Rahim, Farida. Pengajaran Membaca Di Sekolah Dasar. Jakarta: Bumi aksara, 2005.

Riyanti, Asih. Keterampilan Membaca. Yogyakarta: K-Media, 2021.

Rustinarsih, Lis. Make A Match Cara Menyenangkan Belajar Membaca Wacana Aksara Jawa. Kab. Karanganyar: Yayasan Lembaga Gumun Indonesia (YLGI), 2021.

Sari, Ifit Novita, Lilla Puji Lestari, Dedy Wijaya Kusuma, Siti Mafulah, Diah Puji Nali Brata, Karwanto Supriyanto, Jauhara Dian Nurul Iffah, et al. Metode Penelitian Kualitatif. Malang: Unisma Press, 2022.

Sugiyono. Metode Penelitian Pendidikan (Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, Dan R&D). Bandung: Alfabeta, 2016.

Sumarni, Siti. Hasil Wawancara Guru Kelas I MI Mathlaul Anwar Sangiang. Kabupaten Tangerang Banten, 2023.

Umrati, and Hengki Wijaya. Analisis Data Kualitatif Teori Konsep Dalam Penelitian Pendidikan. Sulawesi Selatan: Sekolah Tinggi Theologia Jaffray, 2020.

Wahyuningsih, Endang Sri. Model Pembelajaran Mastery Learning Upaya Peningkatan Keaktifan Dan Hasil Belajar Siswa. Yogyakarta: Deepublish, 2020.

Waton, Lalu Muhammad Nurul. Pendidikan Islam Anak Usia Dini. Mataram: Sanabil, 2020.

Zulkifli, Imam Hanafi, Firman, Akhmad Riadi, Muhammad Latif Fauzi Mahfud Ifendi, and Basri. Konsep Dasar Pengajaran & Pembelajaran Pendidikan Islam. Yogyakarta: Deepublish, 2022.

Published

2023-12-31

How to Cite

Alwah Maskuroh, Sabri, S., & Mastoah, I. . (2023). IMPLEMETASI METODE SILABA DALAM MEMBACA PERMULAAN SISWA KELAS 1 SEKOLAH DASAR. Primary : Jurnal Keilmuan Dan Kependidikan Dasar, 15(2), 293–304. https://doi.org/10.32678/primary.v15i2.9646