CURRICULUM DOCUMENT FOR STUDY PROGRAM
BASED ON KKNI AND SN-DIKTI WITH AN
OUTCOME-BASED EDUCATION (OBE) APPROACH

ENGLISH LANGUAGE EDUCATION STUDY PROGRAM
UIN SULTAN MAULANA HASANUDDIN BANTEN
2021
No. |
Kode Mata Kuliah |
Nama Mata Kuliah | SKS | Semester | Sifat Mata Kuliah |
---|---|---|---|---|---|
1 | A03211135 | Basic Spoken English | 3 | 1 | Wajib |
2 | A03211138 | Intensive and Extensive Listening | 3 | 1 | Wajib |
3 | A03211145 | Paragraph Writing | 2 | 1 | Wajib |
4 | A03211141 | Intensive and Extensive Reading | 3 | 1 | Wajib |
5 | A03211148 | Contemporary English Grammar | 3 | 1 | Wajib |
6 | A03211101 | Pendidikan Pancasila | 2 | 1 | Wajib |
7 | A03211103 | Bahasa Indonesia | 2 | 1 | Wajib |
8 | A03211110 | Fiqih | 2 | 1 | Wajib |
9 | A03211218 | Qiroatul Qur’an Wa Tahfidz (QQWT) | 2 | 2 | Wajib |
10 | A03211240 | Critical Listening | 3 | 2 | Wajib |
11 | A03211243 | Critical Reading | 3 | 2 | Wajib |
12 | A03211246 | Essay Writing | 3 | 2 | Wajib |
13 | A03211236 | Speaking for Effective Communication | 2 | 2 | Wajib |
14 | A03211249 | Grammar in Written and Spoken Discourse |
2 | 2 | Wajib |
15 | A03211213 | Praktik Ibadah | 3 | 2 | Wajib |
16 | A03211202 | Kewarganegaraan | 2 | 2 | Wajib |
17 | A03211337 | Academic Speaking | 2 | 3 | Wajib |
18 | A03211347 | Academic Writing | 3 | 3 | Wajib |
19 | A03211365 | Introduction to Literature | 2 | 3 | Wajib |
20 | A03211353 | Introduction to Linguistics | 2 | 3 | Wajib |
21 | A03211356 | Translation and Interpreting | 2 | 3 | Wajib |
22 | A03211321 | Dasar-dasar Kependidikan | 2 | 3 | Wajib |
23 | A03211308 | Filsafat Umum | 2 | 3 | Wajib |
24 | A03211311 | Islam dan Sains | 2 | 3 | Wajib |
25 | A03211317 | Sejarah Peradaban Islam | 2 | 3 | Wajib |
26 | A03211304 | Bahasa Arab I | 2 | 3 | Wajib |
27 | A03211488 | Public Speaking | 2 | 4 | Wajib |
28 | A03211457 | Translation Practice | 2 | 4 | Wajib |
29 | A03211425 | Psikologi Pendidikan | 2 | 4 | Wajib |
30 | A03211459 | Methodology of TEFL | 3 | 4 | Wajib |
31 | A03211450 | Functional Grammar | 3 | 4 | Wajib |
32 | A03211427 | Tafsir dan Hadits Tarbawi | 3 | 4 | Wajib |
33 | A03211405 | Bahasa arab II | 2 | 4 | Wajib |
34 | A03211469 | Language Assessment | 3 | 4 | Wajib |
35 | A03211563 | Curriculum and Material Development | 2 | 5 | Wajib |
36 | A03211564 | ICT and English Education | 3 | 5 | Wajib |
37 | A03211534 | Statistics in Education | 2 | 5 | Wajib |
38 | A03211585 | Research Methodology on ELT | 4 | 5 | Wajib |
39 | A03211587 | Instructional Design | 2 | 5 | Wajib |
40 | Metodologi Studi Islam | 2 | 5 | Wajib | |
41 | A03211522 | Filsafat dan Ilmu Pendidikan Islam | 2 | 5 | Wajib |
42 | A03211509 | Ilmu Kalam | 2 | 5 | Wajib |
43 | A03211558 | Multiculturalism and Language Education | 2 | 5 | Wajib |
44 | A03211579 | English for Business and Entrepreneurship | 3 | 5 | Wajib |
45 | A03211632 | Microteaching | 2 | 6 | Wajib |
46 | A03211667 | English Language Training Management | 3 | 6 | Wajib |
47 | A03211668 | English for Tourism | 3 | 6 | Wajib |
48 | A03211672 | English for Young Learners | 3 | 6 | Wajib |
49 | A03211671 | Writing Clinics | 3 | 6 | Wajib |
50 | A03211679 | English for Islamic Studies | 2 | 7 | Wajib |
51 | A03211733 | PLP | 4 | 7 | Wajib |
52 | A03211719 | KUKERTA | 4 | 7 | Wajib |
53 | A03211820 | SKRIPSI | 6 | 8 | Wajib |
54 | A03211690 | BIPA | 3 | 6 | Pilihan |
55 | A03211676 | Pragmasemantics | 3 | 6 | Pilihan |
56 | A03211681 | Digitalpreneur | 3 | 6 | Pilihan |
57 | A03211682 | Mobile Assisted LanguageLearning | 3 | 6 | Pilihan |
58 | A03211675 | Discourse Analysis | 3 | 6 | Pilihan |
59 | A03211689 | Pendidikan Inklusi | 3 | 6 | Pilihan |
No. | Nama Mata Kuliah | Deskripsi Mata Kuliah |
---|---|---|
1 | Basic Spoken English | mengembangkan keterampilan berbicara dalam bahasa Inggris di kehidupan sehari-hari dengan pelafalan yang bersesuaian dengan kaidah yang berlaku. |
2 | Intensive and Extensive Listening | memberikan pemahaman tentang teori dan mempraktikan berbagai strategi dalam keterampilan menyimak guna mendapatkan informasi detail serta makna keseluruhan dalam teks lisan |
3 | Paragraph Writing | memberikan pemahaman tentang proses menulis teks berbahasa Inggris dan menulis paragrap yang koheren. |
4 | Intensive and Extensive Reading | mengembangkan minat baca, mencapai pemahaman membaca, menghasilkan berbagai respon membaca, dan menggunakan strategi pemahaman dalam keterampilan membaca teks berbahasa Inggris. |
5 | Contemporary English Grammar | memberikan pemahaman tentang komunikasi secara efektif dengan menggunakan tata bahasa Inggris dan membekali mahasiswa untuk mengidentifikasi dan menanggapi situasi kehidupan baik teks lisan maupun tulisan. |
6 | Pendidikan Pancasila | menanamkan pemahaman mendalam tentang Pancasila sebagai dasar negara, ideologi bangsa, dan pandangan hidup masyarakat Indonesia. |
7 | Bahasa Indonesia | mengembangkan kemampuan mahasiswa dalam menggunakan Bahasa Indonesia yang baik dan benar dalam konteks akademik. |
8 | Fiqih | membahas konsep dasar hukum Islam (fiqih) yang mencakup pengertian, ruang lingkup, dan sumber hukum Islam, serta penerapannya dalam kehidupan sehari-hari. |
9 | Qiroatul Qur’an Wa Tahfidz (QQWT) | meningkatkan kemampuan mahasiswa dalam membaca Al-Qur’an dengan tartil sesuai dengan kaidah tajwid, serta memotivasi mereka untuk menghafal ayat-ayat pilihan. |
10 | Critical Listening | mengembangkan keterampilan mendengarkan Bahasa Inggris sesuai dengan Tes Bahasa Inggris untuk Komunikasi Internasional (TOEIC). |
11 | Critical Reading | memberikan pemahaman tentang keterampilan berpikir kritis dalam merespon teks, memiliki pengetahuan tentang membaca kritis, mampu mengelola berpikir kritis dalam menanggapi teks semi ilmiah dan ilmiah. |
12 | Essay Writing | memberikan pemahaman tentang konsep dasar essay, menulis essay dengan struktur organisasi yang baik dan benar, dan menulis essay berdasarkan topik/genre tertentu. |
13 | Speaking for Effective Communication | memfasilitasi mahasiswa untuk mengembangkan kompetensi komunikatif agar mampu berkomunikasi dalam bahasa Inggris secara lisan dengan efektif, empatik, dan santun. |
14 | Grammar in Written and Spoken Discourse | memberikan pemahaman tentang ragam tata bahasa yang terdapat pada wacana lisan dan tulisan. |
15 | Praktik Ibadah | memperkuat pemahaman dan keterampilan mahasiswa dalam melaksanakan ibadah sehari-hari sesuai dengan tuntunan syariat Islam. |
16 | Kewarganegaraan | membentuk mahasiswa menjadi warga negara yang cerdas, bertanggung jawab, dan berintegritas melalui pemahaman yang mendalam tentang hak dan kewajiban sebagai warga negara. |
17 | Academic Speaking | memberikan pemahaman tentang konsep academic speaking, menganalisis strategi berkomunikasi menggunakan bahasa Inggris dalam konteks akademis. |
18 | Academic Writing | memberikan pemahaman tentang konsep dan struktur tulisan akademis serta menghasilkan tulisan akademis dengan menggunakan bahasa Inggris. |
19 | Introduction to Literature | memberikan pemahaman tentang pengertian sastra dan jenis-jenis sastra, menganalisis teks dari bacaan sastra, dan mampu mengkritisi karya sastra berbahasa Inggris. |
20 | Introduction to Linguistics | memberikan pemahaman tentang konsep teoritis linguistics secara sistematis dan interaktif. |
21 | Translation and Interpreting | memberikan pemahaman tentang konsep dan praktik menerjemahkan komunikasi lisan dan tulisan |
22 | Dasar-dasar Kependidikan | memberikan pemahaman tentang konsep dasar pendidikan, pandangan ilmiah dan filosofis tentang manusia, hubungan antara perkembangan manusia dan pendidikan dan sistem pendidikan nasional. |
23 | Filsafat Umum | memperkenalkan mahasiswa pada dasar-dasar filsafat sebagai disiplin ilmu yang bertujuan memahami realitas, kebenaran, dan eksistensi. |
24 | Islam dan Sains | membahas hubungan antara Islam dan sains, dengan menekankan kontribusi peradaban Islam dalam pengembangan ilmu pengetahuan serta relevansinya dalam kehidupan modern. |
25 | Sejarah Peradaban Islam | memberikan pemahaman mendalam tentang perkembangan pendidikan Islam dari masa klasik hingga era modern. |
26 | Bahasa Arab I | membahas kosakata dasar, kalimat sederhana, serta struktur dasar tata bahasa Arab seperti isim (kata benda), fi’il (kata kerja), dan huruf jar (preposisi) dan mempraktikan tata cara percakapan sehari-hari dalam Bahasa. |
27 | Public Speaking | memberikan pemahaman tentang teori dan praktik berkomunikasi lisan yang dilakukan di depan publik untuk mencapai efektivitas dalam komunikasi publik. |
28 | Translation Practice | memfasilitasi mahasiswa untuk menerjemahkan teks berbahasa Inggris ke dalam bahasa Indonesia dan teks berbahasa Indonesia ke dalam bahasa Inggris sesuai standar. |
29 | Psikologi Pendidikan | memberikan pemahaman tentang karakteristik peserta didik dari aspek fisik, psikologi, kognitif, sosial dan kultural untuk kepentingan pembelajaran Bahasa Inggris yang efektif. |
30 | Methodology of TEFL | memberikan pemahaman tentang teori dan praktik melakukan tindakan reflektif mengenai metode pembelajaran bahasa Inggris melalui prosedur penelitian ilmiah untuk peningkatan kualitas pembelajaran Bahasa Inggris. |
31 | Functional Grammar | memberikan pemahaman tentang metafungsi bahasa dalam functional grammar dengan cermat, dan kebermaknaan unit tata bahasa; fungsi eksperiensial yang terdapat pada teks; realisasi fungsi logis dalam teks; fungsi antarpesona, dan realisasi fungsi antarpesona dalam percakapan. |
32 | Tafsir dan Hadits Tarbawi | memberikan pemahaman tentang tafsir ayat ayat Al-quran dan hadits tentang pendidikan secara baik yang bersumber dari kitab-kitab tafsir dan hadits yang mu’tamad. |
33 | Language Assessment | memberikan pemahaman tentang penilaian dan evaluasi proses dan hasil pembelajaran Bahasa Inggris secara tepat, serta mampu memanfaatkannya untuk keperluan pembelajaran. |
34 | Curriculum and Material Development | memberikan pemahaman tentang pengembangan kurikulum dan materi ajar mata pelajaran Bahasa Inggris di sekolah/madrasah sesuai dengan prosedur dan prinsip-prinsip dalam pengembangan kurikulum. |
35 | ICT and English Education | memberikan pemahaman tentang pemanfaatan teknologi informasi dan komunikasi secara efektif dan berdaya guna untuk pembelajaran Bahasa Inggris di sekolah/madrasah dan di instansi lain. |
36 | Statistics in Education | Memberikan pemahaman tentang konsep statistik dan statistika serta menerapkan pengetahuan tersebut dalam konteks kependidikan. |
37 | Research Methodology on ELT | memberikan pemahaman tentang konsep dan penerapannya terkait prinsip penelitian, dan jenis penelitian pada kajian pembelajaran Bahasa Inggris. |
38 | Instructional Design | memberikan pemahaman tentang pengetahuan dan menerapkan langkah-langkah dalam penyusunan Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) mata pelajaran Bahasa Inggris di sekolah/madrasah |
39 | Filsafat dan Ilmu Pendidikan Islam | memberikan pemahaman tentang dasar, prinsip-prinsip, tujuan, fungsi, proses dan ruang lingkup Filsafat dalam Pendidikan Islam secara komprehensif. |
40 | Multiculturalism and Language Education | memberikan pemahaman mendalam tentang multikulturalisme dalam pendidikan bahasa, termasuk memahami dan mengaplikasikan prinsip-prinsip inklusivitas budaya dalam pengajaran dan belajar Bahasa. |
41 | English for Business and Entrepreneurship | memberikan pemahaman dan memfasilitasi penerapan langkah-langkah dan mengidentifikasi ragam upaya wirausaha yang bercirikan inovasi dan kemandirian yang berlandaskan etika Islam, keilmuan, profesional, lokal, nasional dan global. |
42 | Microteaching | memfasilitasi mahasiswa dalam pelaksanaan dan pengevaluasian pengajaran bahasa Inggris dengan teknik pengajaran yang baik dan benar tentang tema-tema pengajaran di madrasah/sekolah berdasarkan kurikulum yang berlaku. |
43 | English Language Training Management | memberikan pemahaman tentang teori dan praktik kewirausahaan dalam pendidikan dalam kerangka pengembangan pembelajaran Pendidikan Bahasa Inggris yang kreatif dan inovatif. |
44 | English for Tourism | memberikan pemahaman tentang konsep dan menerapkan konsep tourism dalam berbagai bentuk dengan pemanfaatan bahasa Inggris yang sesuai dan menerapkan konsep pengelolaan tourism dengan baik. |
45 | English for Young Learners | memberikan pemahaman tentang karakteristik peserta didik dari aspek fisik, psikologi, kognitif, sosial dan kultural, menyusun dan menentukan strategi pembelajaran bahasa Inggris yang efektif untuk anak usia dini. |
46 | Writing Clinics | memfasilitasi mahasiswa mempraktikan pengetahuan, pemahaman, dan kecakapan tentang penyusunan karya tulis ilmiah |
47 | English for Islamic Studies | memfasilitasi pengembangan potensi kebahasaan peserta didik untuk mengaktualisasikan kemampuan dan keterampilan berbahasa Inggris dalam kehidupan nyata yang berbasis pemahaman keislaman dan Kebantenan |
48 | PLP | memfasilitasi penerapan kompetensi pemahaman tentang peserta didik, pembelajaran yang mendidik, penguasaan bidang keahlian dan kepribadian yang menunjukkan kesiapannya sebagai calon pendidik melalui kegiatan latihan melakukan proses pembelajaran secara langsung. |
49 | KUKERTA | memfasilitasi implementasi ilmu-ilmu yang didapat di bangku kuliah secara sinergis dengan ilmu-ilmu bidang lain secara interdisiplin dalam bentuk pengabdian kepada masyarakat yang mampu mendorong terwujudnya kemandirian dan kesejahteraan masyarakat secara berkelanjutan. |
50 | SKRIPSI | memfasilitasi mahasiswa menyusun dan menyampaikan gagasan ilmiah secara lisan dan tertulis dengan menggunakan bahasa Inggris yang baik dan benar dalam perkembangan dunia akademik dan dunia kerja. |
51 | BIPA | memberikan pemahaman terkait BIPA (Bahasa Indonesia untuk Penutur Asing) dan tata bahasa Indonesia serta membekali mahasiswa agar memiliki kemampuan dasar mengajarkan BIPA kepada pemelajar asing. |
52 | Pragmasemantics | memberikan pemahaman tentang konsep pragmatik dan semantik dalam pembelajaran bahasa Inggris serta menerapkannya dalam komunikasi lisan dan tulisan baik situasi formal atau informal. |
53 | Digitalpreneur | memberikan konsep kewirausahaan dan inovasi, lingkungan bisnis, bagaimana menyusun bisnis, promosi dan penjualan, operasi dan pengiriman, perlindungan kekayaan intelektual, serta mempraktekkannya dalam bentuk usaha digital. |
54 | Mobile Assisted LanguageLearning | memfasilitasi pemanfaatan teknologi informasi dan komunikasi secara efektif dan berdaya guna untuk pembelajaran Bahasa Inggris di sekolah/madrasah dan di instansi lain. |
55 | Discourse Analysis | memberikan pemahaman tentang menganalisis makna dan mengevaluasi penyampaian makna wacana dan teks (spoken and written). |
56 | Pendidikan Inklusi | memberikan pemahaman tentang konsep teoretis kajian filosofis dan pedagogik pendidikan inklusi, mampu mengidentifikasi peserta didik berkebutuhan khusus, menguasai prinsip dan teknik dasar adaptasi kurikulum dan pembelajaran di sekolah penyelenggara pendidikan inklusi. |