Efektivitas Penggunaan Tiga Kata Ajaib (Terima Kasih, Maaf, dan Tolong) dalam Menanamkan Nilai Akhlakul Karimah pada Anak Usia Dini di Lingkungan Tanggul Kota Serang, Banten

Authors

  • Elok Mahillatunnisa UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten
  • Umayah UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten
  • Wulan Fauzia UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten
Statistics: Abstract viewed : 213 times | PDF downloaded : 291 times

Keywords:

Nilai Akhlakul Karimah, Pembinaan, Tiga Kata Ajaib (Terima kasih, Maaf dan Tolong)

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi oleh banyaknya anak usia dini di lingkungan Tanggul yang belum terbiasa melakukan atau mengucapkan hal-hal baik, seperti mengucapkan salam ketika memasuki atau keluar ruangan, berterimakasih ketika diberi atau mendapat bantuan, berbicara sopan (tidak berteriak), menyimak apa yang disampaikan, tolong menolong sesama teman ataupun orang tua, meminta dan meminta maaf ketika berbuat salah. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui (1) Nilai akhlakul karimah anak usia 5-6 tahun (2) Pembinaan Tiga Kata Ajaib (Terima kasih, Maaf dan Tolong) di Lingkungan Tanggul Kota Serang Banten. Penelitian ini menggunakan metode penelitian eksperimen one group pretest-posttest dengan menggunakan tiga metode belajar (metode bercerita, metode tauladan, dan metode pembiasaan), yang analisisnya menggunakan analisis data kuantitatif dan kualitatif dan data penelitiannya diperoleh dari wawancara, observasi serta dokumentasi (3) Tiga Kata Ajaib (Terima kasih, Maaf dan Tolong) (4) Metode Pembinaan Tiga Kata Ajaib (Terima kasih, Maaf dan Tolong).

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Published

2024-06-30

How to Cite

Mahillatunnisa, E., Umayah, U., & Fauzia, W. (2024). Efektivitas Penggunaan Tiga Kata Ajaib (Terima Kasih, Maaf, dan Tolong) dalam Menanamkan Nilai Akhlakul Karimah pada Anak Usia Dini di Lingkungan Tanggul Kota Serang, Banten. Proceeding of Annual International Conference on Islamic Education and Language (AICIEL), 479–500. Retrieved from https://ftk.uinbanten.ac.id/journals/index.php/aiciel/article/view/11123