Efektivitas Penggunaan Tiga Kata Ajaib (Terima Kasih, Maaf, dan Tolong) dalam Menanamkan Nilai Akhlakul Karimah pada Anak Usia Dini di Lingkungan Tanggul Kota Serang, Banten

Penulis

  • Elok Mahillatunnisa UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten
  • Umayah Umayah UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten
  • Wulan Fauzia UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten
Statistics: Abstrak viewed : 217 times | PDF (English) downloaded : 295 times

Kata Kunci:

Nilai Akhlakul Karimah, Pembinaan, Tiga Kata Ajaib (Terima kasih, Maaf dan Tolong)

Abstrak

Penelitian ini dilatar belakangi oleh banyaknya anak usia dini di lingkungan Tanggul yang belum terbiasa melakukan atau mengucapkan hal-hal baik, seperti mengucapkan salam ketika memasuki atau keluar ruangan, berterimakasih ketika diberi atau mendapat bantuan, berbicara sopan (tidak berteriak), menyimak apa yang disampaikan, tolong menolong sesama teman ataupun orang tua, meminta dan meminta maaf ketika berbuat salah. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui (1) Nilai akhlakul karimah anak usia 5-6 tahun (2) Pembinaan Tiga Kata Ajaib (Terima kasih, Maaf dan Tolong) di Lingkungan Tanggul Kota Serang Banten. Penelitian ini menggunakan metode penelitian eksperimen one group pretest-posttest dengan menggunakan tiga metode belajar (metode bercerita, metode tauladan, dan metode pembiasaan), yang analisisnya menggunakan analisis data kuantitatif dan kualitatif dan data penelitiannya diperoleh dari wawancara, observasi serta dokumentasi (3) Tiga Kata Ajaib (Terima kasih, Maaf dan Tolong) (4) Metode Pembinaan Tiga Kata Ajaib (Terima kasih, Maaf dan Tolong).

Unduhan

Data unduhan belum tersedia.

##submission.downloads##

Diterbitkan

2024-06-30

Cara Mengutip

Mahillatunnisa, E., Umayah, U., & Fauzia, W. (2024). Efektivitas Penggunaan Tiga Kata Ajaib (Terima Kasih, Maaf, dan Tolong) dalam Menanamkan Nilai Akhlakul Karimah pada Anak Usia Dini di Lingkungan Tanggul Kota Serang, Banten. Proceeding of Annual International Conference on Islamic Education and Language (AICIEL), 479–500. Diambil dari https://ftk.uinbanten.ac.id/journals/index.php/aiciel/article/view/11123