Implementasi Nilai Pendidikan Sosial dalam Rukun Islam di Pondok Pesantren Miftahussa'adah Sindangbarang

Authors

  • Mukhlisin Institut Pesantren Babakan Cirebon
  • Malik Sofy Institut Pesantren Babakan Cirebon
  • Deden Purbaya Institut Pesantren Babakan Cirebon
  • Ahmad Rifai Institut Pesantren Babakan Cirebon
Statistics: Abstract viewed : 301 times | PDF downloaded : 179 times

Keywords:

Nilai, Pendidikan, Sosial, Pesantren

Abstract

Rukun Islam merupakan hal pokok yang harus dilaksanakan oleh setiap orang Islam. Syahadat, Solat, Puasa, Zakat dan haji memiliki waktunya masing-masing dalam pengamalannya. Apabila seorang muslim tidak mengerjakannya maka orang tersebut akan mendapat sangsi dari Allah SWT berupa dosa. Rukun Islam dilaksanakan bukan hanya karena sebagai amalan bagi seorang muslim, namun dalam Rukun Islam juga ada nilai-nilai Pendidikan Sosial yang diajarkan oleh Allah SWT. Meskipun demikian, banyak orang yang sudah mengamalkan rukun islam ini tapi tetap melaksanakan kemaksiatan dan kemudharatan bagi orang lain. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui nilai-nilai Pendidikan sosial pada rukun Islam, implementasi nilai-nilai Pendidikan sosial serta hasilnya pada kehidupan santri Pondok Pesantren Miftahussa’adah. Penelitian menunjukkan bahwa Pendidikan sosial pada rukun Islam ialah memberikan rasa percaya kepada yang lain atas potensi, pemikiran dan tanggung jawabnya, melestarikan kebersihan, kedisiplinan, ketertiban dan konsistensi peduli terhadap orang lain, menjaga diri dari berbuat bahaya kepada orang lain serta menjaga silaturahmi dengan Masyarakat manapun. Implementasi nilai-nilai Pendidikan sosial di Pondok Pesantren Miftahussa’adah ialah dengan sholat berjamaah, membaca Ratib dan Yasin, Sholawatan, tahlil dan juga haul Pendiri Pesantren. Hasil implementasi nilai-nilai Pendidikan sosial pada rukun islam di kehidupan santri Pondok Pesantren Miftahussa’adah ialah peduli atau peka terhadap orang lain, saling menghormati dan percaya kepada yang lain, bermusyawarah, dan menjaga kebersihan lingkungan.

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Published

2024-06-30

How to Cite

Mukhlisin, M., Sofy, M., Purbaya, D., & Rifai, A. (2024). Implementasi Nilai Pendidikan Sosial dalam Rukun Islam di Pondok Pesantren Miftahussa’adah Sindangbarang. Proceeding of Annual International Conference on Islamic Education and Language (AICIEL), 31–42. Retrieved from https://ftk.uinbanten.ac.id/journals/index.php/aiciel/article/view/10624