PENGUATAN KARAKTER SANTRI DI SEKOLAH BERASRAMA

Penulis

  • Apud Apud UIN SMH Banten
Statistics: Abstrak viewed : 216 times | PDF downloaded : 174 times

Kata Kunci:

nilai kesantrian, sekolah, asrama

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan nilai-nilai kesantrian sebagai pembentuk karakter santri di lingkungan sekolah berasrama dan menjelaskan tentang proses internalisasi nilai-nilai kesantrian tersebut di sekolah berasrama. Penelitian ini adalah penelitian kualitatif-naturalistik. Data dikumpulkan secara induktif melalui teknik wawancara, observasi, dan dokumentasi. Sedangkan uji keabsahan data, dilakukan melalui triangulasi data. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: Nilai-nilai karakter sebagai nilai kesantrian di SMA Daar el-Qolam terdiri atas: nilai intelektualitas, kemandirian, kedisiplinan, dan kepemimpinan yang dilandasi oleh falsafah kehidupan pesantren yang kenal dengan panca jiwa pondok dan motto pondok. Nilai-nilai karakter di SMA Nurul Fikri terdiri atas nilai ikhlas, amanah, tsaqofah, ukhuwah, khidmah, ghirah, iffah, dan dakwah; Internalisasi nilai-nilai kesantrian di lingkungan sekolah berasrama dilakukan secara sistematis, terarah, dan berkelanjutan dengan pendekatan indoktrinasi, nasihat yang baik (qudwah alhasanah), dan contoh yang baik (uswah al-hasanah).

Unduhan

Data unduhan belum tersedia.

Biografi Penulis

Apud Apud, UIN SMH Banten

UIN SMH Banten

##submission.downloads##

Diterbitkan

2019-12-13

Cara Mengutip

Apud, A. (2019). PENGUATAN KARAKTER SANTRI DI SEKOLAH BERASRAMA. Proceeding of Annual International Conference on Islamic Education and Language (AICIEL), 373–384. Diambil dari https://ftk.uinbanten.ac.id/journals/index.php/aiciel/article/view/2686