PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN MAKE A MATCH BERBANTUAN MEDIA GAMBAR TERHADAP HASIL BELAJAR PKn PADA MATERI ORGANISASI DI LINGKUNGAN MASYARAKAT
DOI:
https://doi.org/10.32678/primary.v10i1.1258


Keywords:
Hasil belajar, model Make A Match, media gambar, pendidikan kewarganegaraanAbstract
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh hasil belajar yang rendah dalam pembelajaran PKn. Hal ini antara lain disebabkan karena kurangnya motivasi guru terhadap siswa. Selama ini pembelajaran PKn hanya berpusat kepada guru dengan penyampaian materi yang masih menggunakan metode ceramah dan tanya jawab. Oleh karena itu, dengan menggunakan model Make A Match berbantuan media gambar diharapkan dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada pembelajaran PKn. Pada penelitian ini digunakan metode kuasi eksperimen dengan desain penelitian kelompok kontrol non-ekuevalen. Sampel yang diambil adalah kelas V A sebanyak 25 siswa dan kelas V B sebanyak 26 siswa. Pengambilan sampel dilakukan dengan teknik random sampling. Hasil belajar diukur menggunakan tes objektif berupa pilihan ganda. Hasil penelitian menunjukkan bahwa berdasarkan hasil analisis data dengan Program SPSS 16.0, pengujian hipotesis pada kelas eksperimen menunjukkan terdapat pengaruh yang signifikan terhadap hasil belajar antara pengguna model Make A Match berbantuan media gambar dengan model konvensional. Pembelajaran pendidikan kewarganegaraan (PKn) di Sekolah Dasar/Madrasah Ibtidaiyah (SD/MI) mempunyai kedudukan yang penting dalam upaya mempersiapkan peserta didik menjadi warga negara yang memiliki komitmen untuk mempertahankan Negara Kesatuan Republik Indonesia. Oleh karena itu, pembelajaran PKn diarahkan untuk membentuk warga negara yang memahami dan mampu melaksanakan hak dan kewajibannya untuk menjadi warga negara yang baik, cerdas, terampil, dan berkarakter yang diamanatkan oleh Pancasila dan UUD I945.
Downloads
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
PRIMARY JOURNAL: https://ftk.uinbanten.ac.id/journals/index.php/primaryis licensed under aCreative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License
An author who publishes in PRIMARY: Jurnal Keilmuan dan Kependidikan Dasar agrees to the following terms:
- The author retains the copyright and grants the journal the right of first publication of the work simultaneously licensed under the Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal
- The author can enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book) with the acknowledgement of its initial publication in this journal.
- The author is permitted and encouraged to post his/her work online (e.g., in institutional repositories or on their website) before and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of the published work (See The Effect of Open Access).
The names and email addresses entered in this journal site will be used exclusively for the stated purposes of this journal and will not be made available for any other purpose or to any other party.