Pengembangan Multimedia Interaktif Ceria Pada Mata Pelajaran Matematika Pokok Bahasan Unsur Dan Sifat Bangun

Authors

  • Fera Nur Fauziyyah Jurusan PGMI Fakultas Tarbiyah dan Keguruan UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten
  • Juhri Juhri Univesitas Islam Negeri Sultan Maulana Hasanuddin Banten

DOI:

https://doi.org/10.32678/primary.v9i2.2988
Statistics: Abstract viewed : 116 times | PDF (Bahasa Indonesia) downloaded : 147 times

Keywords:

Metode Penelitan Pengembangan (R&D), Multimedia Interaktif Ceria, Sifat Bangun Datar

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan produk berupa multimedia interaktif ceria dalam pembelajaran Matematika pokok bahasan unsur dan sifat bangun datar di kelas II SD/MI. Metode penelitian ini menggunakan penelitian dan pengembangan (R&D) dari Borg and Gall dengan 7 langkah, yaitu: penelitian dan pengumpulan data, perencanaan, pengembangan draf produk atau desain produk, uji validitas, perbaikan desain, uji coba produk, dan penyempurnaan produk akhir, yang melibatkan 32 peserta didik sebagai partisipan dan para ahli (guru dan ahli media) untuk menilai kelayakan media. Jenis data yang digunakan dalam penelitian ini ada dua yaitu kuantitatif dan kualitatif, melalui observasi, instrument angket, catatan deskriptif, dan tes latihan soal. Hasil penelitian menunjukkan bahwa multimedia interaktif ceria dinyatakan layak dengan presentase 92,31% yang menunjukan klasifikasi sangat baik dari penilaian uji kelayakan pengguna oleh ahli media dan guru. Serta hasil ketercapaian tujuan pembelajaran yang menunjukkan presentase 84,38% termasuk klasifikasi baik karena rata-rata hasil tersebut mencapai nilai KKM yang telah ditentukan.

Downloads

Download data is not yet available.

Published

2017-12-29

How to Cite

Fauziyyah, F. N., & Juhri, J. (2017). Pengembangan Multimedia Interaktif Ceria Pada Mata Pelajaran Matematika Pokok Bahasan Unsur Dan Sifat Bangun. Primary : Jurnal Keilmuan Dan Kependidikan Dasar, 9(2), 311–324. https://doi.org/10.32678/primary.v9i2.2988