PENGARUH METODE BERMAIN TAMAGOCI TERHADAP KEMAMPUAN LITERASI MATEMATIS MATERI BANGUN DATAR PADA SISWA KELAS IV SEKOLAH DASAR

Authors

  • Fery Muhamad Firdaus Universitas Islam Negeri Syarif Hidayatullah Jakarta
  • Bintan Munjiyah Zahroh

DOI:

https://doi.org/10.32678/primary.v10i02.1279
Statistics: Abstract viewed : 117 times | PDF (Bahasa Indonesia) downloaded : 110 times

Keywords:

Eksperimen semu, kemampuan literasi matematis, metode bermain Tamagoci

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh metode bermain Tamagoci terhadap kemampuan literasi matematis materi bangun datar pada siswa kelas IV SD Islam Al-Azhar 15 Pamulang, semester II Tahun Ajaran 2017/2018. Metode bermain Tamagoci merupakan metode bermain yang melibatkan siswa secara aktif dalam menemukan bentuk bangun datar melalui tangram dengan Magnetic Smile yang memberikan kesan ceria, sehingga siswa mengenal bentuk dan nama bangun datar serta mampu memahami bangun datar. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah eksperimen semu (Quasi Experiment) dengan desain Two Group Randomized Posttest-Only Control Design. Sampel yang digunakan dalam penelitian ini terdiri atas kelas eksperimen dan kelas kontrol, masing-masing terdiri dari 27 siswa. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini berupa tes kemampuan literasi matematis berbentuk soal uraian. Hasil penelitian menunjukkan bahwa rata-rata nilai siswa yang diajarkan dengan metode bermain Tamagoci lebih tinggi dibandingkan siswa yang diajarkan tanpa metode bermain Tamagoci, yaitu dengan nilai 70,04 > 54,04. Analisis data dari kedua kelas dihitung menggunakan uji analisis statistik pada tes akhir (post-test). Berdasarkan hasil analisis data, terdapat perbedaan yang signifikan antara kedua kelas tersebut yang dapat dilihat dari hasil pengujian hipotesis uji Mann-Whitney U pada data post-test (0,000 < 0,05). Selain itu, berdasarkan hasil perhitungan uji pengaruh (effect size) yang telah dilakukan menggunakan rumus Cohen’s d didapatkan nilai effect size sebesar 1,4022. Nilai uji pengaruh yang diperoleh menginterpretasikan bahwa metode bermain Tamagoci memiliki pengaruh baik dalam kategori tinggi. Dengan demikian, hal ini menunjukkan bahwa terdapat pengaruh baik yang tinggi dari metode bermain Tamagoci terhadap kemampuan literasi matematis materi bangun datar pada siswa kelas IV SD Islam Al-Azhar 15 Pamulang.

Downloads

Download data is not yet available.

Published

2018-12-31

How to Cite

Firdaus, F. M., & Zahroh, B. M. (2018). PENGARUH METODE BERMAIN TAMAGOCI TERHADAP KEMAMPUAN LITERASI MATEMATIS MATERI BANGUN DATAR PADA SISWA KELAS IV SEKOLAH DASAR. Primary : Jurnal Keilmuan Dan Kependidikan Dasar, 10(2), 85–96. https://doi.org/10.32678/primary.v10i02.1279