IMPLEMENTASI SIKAP DISIPLIN ANAK DI LEMBAGA MADRASAH IBTIDAIYAH (MI) DALAM MEMBENTUK PENGEMBANGAN MORAL
DOI:
https://doi.org/10.32678/primary.v11i01.1293


Keywords:
Implementasi Sikap Disiplin, Pengembangan Moral, Lembaga Madrasah IbtidaiyahAbstract
Moral merupakan pandangan tentang baik dan buruk, benar dan salah, apa yang dapat dan tidak dapat dilakukan. Tujuan pendidikan moral terlaksananya prinsip moral secara universal seperti keadilan, kebebasan dan persamaan setiap individu manusia serta kedisiplinan.Disiplin mempunyai beberapa unsur yang harus diperhatikan dalam penerapan di lembaga Madrasah Ibtidaiyah (MI) meliputi; peraturan, kebiasaan dan hukuman.Metode penelitian ini menggunakan Liberary Research dengan mengumpulkan dan menelaah dari berbagai sumber jurnal, buku dan hasil penelitian.Adapun manfaat disiplin bagi anak Madrasah Ibtidaiyah (MI) memiliki nilai perkembangan moral dalam menumbuhkan kepekaan, kepedulian, mengajarkan keteraturan, ketenangan, sikap percaya diri, kemandirian, keakraban, membantu perkembangan otak, membantu anak yang sulit dan menumbuhkan kepatuhan. Usiaanak Madrasah Ibtidaiyah/MI berada pada usia antara 6-12 tahun. Anak pada usia ini memiliki pola pikir yang holistik, oleh karena itu penanaman sikap disiplin terhadap moral selama usia Madrasah Ibtidaiyah/MI ini sifatnya lebih kekal. Karena apa yang dipelajari diwaktu kecil diibaratkan tulisan di atas batu yang sulit untuk dihapus. Merubah anak kecil lebih mudah dari pada merubah orang dewasa, jiwa anak masih polos dan mudah untuk menanamkan nilai.Tulisan ini bertujuan untuk: (1) mengetahui pengembangan moral dan tujuan pengembangan moral, (2) mengetahui pengertian disiplin anak, unsur-unsur disiplin, tujuan disiplin, manfaat disiplin dan teknik mengajarkan disiplin untuk lembaga Madrasah Ibtidaiyah/MI dan (3) mengetahui karakteristik perkembangan anak Madrasah Ibtidaiyah/MI.
Downloads
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
PRIMARY JOURNAL: https://ftk.uinbanten.ac.id/journals/index.php/primary is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License
An author who publishes in PRIMARY: Jurnal Keilmuan dan Kependidikan Dasar agrees to the following terms:
- The author retains the copyright and grants the journal the right of first publication of the work simultaneously licensed under the Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal
- The author can enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book) with the acknowledgement of its initial publication in this journal.
- The author is permitted and encouraged to post his/her work online (e.g., in institutional repositories or on their website) before and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of the published work (See The Effect of Open Access).
The names and email addresses entered in this journal site will be used exclusively for the stated purposes of this journal and will not be made available for any other purpose or to any other party.