PENERAPAN PENDEKATAN PRAGMATIK UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERBICARA KELAS IV

Authors

  • Yogi Supyana IAI Sultan Muhammad Syafiuddin Sambas
  • Purniadi Putra Institut Agama Islam Sultan Muhammad Syafiuddin Sambas

DOI:

https://doi.org/10.32678/primary.v12i2.3756
Statistics: Abstract viewed : 209 times | pdf (Bahasa Indonesia) downloaded : 156 times

Keywords:

Pendekatan Pragmatik, Kemampuan Berbicara

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan kemampuan berbicara kelas IV SDIT Buah Hati kabupaten Sintang tahun pelajaran 2018/2019.Bentuk penelitian tindakan kelas yang yang dilaksanakan  dalam dua siklus ,tiap siklus terdiri dari empat tahapan yaitu perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Subjek penelitian ini adalah 26 orang siswa sumber data berasal dari siswa kelas IV, guru kelas IV, kegiatan pembelajaran dan dokumen. untuk pengumpulan data mengunakan observasi,tes,wawancara dan dokumentasi . hasil penelitian menunjukan bahwa model pembelajaran pragmatic dapat meningkatkan hasil belajar siswa signifikan.Aktifitas siswa pada siklus 1 sebesar ketuntasan belajar siswa 76,92 % dan pada siklus II mengalami peningkatan yang signifikan menjadi 92,31% sehingga terjadi peningkatan besar 15,39 %. Berdasarkan penelitian yang dilakukan  di simpulkan secara umum bahwa pengunaan model pragmatic dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada kemampuan berbicara kelas IV SDIT Buah Hati Kabupaten Sintang Tahun Pelajaran  2018/2019

Downloads

Download data is not yet available.

Published

2020-12-31

How to Cite

Supyana, Y., & Putra, P. (2020). PENERAPAN PENDEKATAN PRAGMATIK UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERBICARA KELAS IV. Primary : Jurnal Keilmuan Dan Kependidikan Dasar, 12(2), 167–176. https://doi.org/10.32678/primary.v12i2.3756