Penerapa Metode Kumon untuk Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Pada Materi Bilangan Romawi

Authors

  • Mohammad Rifqi Rijal
  • Rani Oktaviani Fakultas Tarbiyah dan Keguruan IAIN SMH Banten
Statistics: Abstract viewed : 177 times | PDF (Bahasa Indonesia) downloaded : 163 times

Keywords:

Metode Kumon, Matematika SD dan Bilangan Romawi

Abstract

Matematika merupakan salah satu pelajaran wajib yang terdapat di seluruh jenjang pendidikan terutama pada tingkat pendidikan dasar dan memiliki berbagai macam kesulitan serta tantangan dalam pemahamannya. Beberapa permasalahan yang dihadapi oleh beberapa Sekolah Dasar adalah Masih rendahnya hasil belajar siswa pada mata pelajaran matematika materi bilangan Romawi serta belum maksimalnya guru dalam membimbing dan menggali kemampuan individu siswa menjadi beberapa permasalahan yang di penelitian ini dan penerapan metode Kumon dalam pembelajaran matematika menjadi salah satu cara untuk mengatasinya. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas yang dilaksanakan dalam 2 siklus. Setelah dilakukan tindakan ini, didapatkan hasil yang terlihat pada persentase ketuntasan belajar dan nilai rata-rata siswa yaitu siklus I 42,90% dan 65,71, kemudian siklus II 80,95% dan 80,24. Sehingga dapat dinyatakan bahwa penerapan metode kumon dapat meningkatkan hasil belajar matematika pada materi bilangan Romawi.

Downloads

Download data is not yet available.

Author Biography

Rani Oktaviani, Fakultas Tarbiyah dan Keguruan IAIN SMH Banten

Alumni Fakultas Tarbiyah dan Keguruan IAIN SMH Banten

Published

2017-01-16

How to Cite

Rijal, M. R., & Oktaviani, R. (2017). Penerapa Metode Kumon untuk Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Pada Materi Bilangan Romawi. Primary : Jurnal Keilmuan Dan Kependidikan Dasar, 8(1), 75–92. Retrieved from https://ftk.uinbanten.ac.id/journals/index.php/primary/article/view/148

Issue

Section

Articles