Pengaruh Model Coopertive Learning Tipe Think-Talk-Write terhadap Hasil Belajar Siswa pada Mata Pelajaran Bahasa Indonesia

Authors

  • Rofiah Rofiah Alumni PGMI Fakultas Tarbiyah dan Keguruan IAIN Banten
  • Mohammad Rifqi Rijal Dosen Jurusan PGMI IAIN SMH Banten

DOI:

https://doi.org/10.32678/primary.v7i2.6423
Statistics: Abstract viewed : 102 times | PDF (Bahasa Indonesia) downloaded : 83 times

Keywords:

Bahasa Indonesia, Think Talk Write, hasil belajar, kuasi eksperimen

Abstract

Salah satu faktor rendahnya kualitas hasil belajar yang kurang optimal adalah kemampuan membaca dan menulis siswa. Ini dikarenakan dalam proses pembelajaran masih sering menggunakan sistem baca dan tulis, sehingga minat dan semangat siswa dalam mengikuti kegiatan pembelajaran bahasa Indonesia rendah. Salah satu upaya untuk mengatasi masalah tersebut maka diterapkan pendekatan model cooperative learning tipe think talk write. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat pengaruh model cooperative learning tipe think talk write terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran bahasa Indonesia, hal ini dapat dibuktikan dari hasil perhitungan dengan menggunakan Uji –t data normal dan homogeny. Hasil belajar Bahasa Indonesia siswa pada kelas eksperimen lebih baik dari pada hasil belajar Bahasa Indonesia siswa pada kelas kontrol.

Downloads

Download data is not yet available.

Published

2015-12-20

How to Cite

Rofiah, R., & Rijal, M. R. (2015). Pengaruh Model Coopertive Learning Tipe Think-Talk-Write terhadap Hasil Belajar Siswa pada Mata Pelajaran Bahasa Indonesia. Primary : Jurnal Keilmuan Dan Kependidikan Dasar, 7(2), 257–274. https://doi.org/10.32678/primary.v7i2.6423