Peningkatan Hasil Belajar Siswa Dalam Menyelesaikan Soal Cerita Bangun Ruang Pada Pelajaran Matematika Melalui Pendekatan Open-Ended


Keywords:
Matematika, Pendekatan Open-ended, Hasil belajar siswa, Aktivitas siswaAbstract
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh kesulitan siswa pada pelajaran matematika dalam menyelesaikan soal cerita bangun ruang di kelas V SDN Banjar Sari 2. Hal ini disebabkan bahwasannya dalam proses pembelajaran guru sudah menerapkan metode atau media yang digunakan tetapi belum maksimal. Sehingga siswa belum dapat menerima materi yang diberikan, kemudian dari siswa itu sendiri kurang mempunyai rasa semangat belajar, dan kurangnya mengulang materi yang sudah diajarkan pada saat dirumah. Maka dari itu hasil belajar siswa selalu tidak mencapai KKM. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan aktivitas siswa dan hasil belajar siswa dalam menyelesaikan soal cerita bangun ruang pada pelajaran matematika menggunakan pendekatan openended. Hasil penelitian menunjukkan ada peningkatan aktifitas siswa yang terjadi pada setiap siklusnya. Pada siklus I persentase keaktifan siswa yaitu 52,51%, lalu terjadi peningkatan pada siklus II dengan persentase keaktifan siswa sebesar 80,63%. Selain itu, peningkatan hasil belajar siswa dapat dilihat dari nilai rata-rata pra silkus sebesar 60,00 dengan persentase ketuntasan 50%, pada siklus I nilai rata-rata siswa mencapai 69,70 dengan persentase ketuntasan 59,37% dan pada siklus II nilai rata-rata siswa meningkat menjadi 84,05 dengan persentase ketuntasan 81,25%.
Downloads
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
PRIMARY JOURNAL: https://ftk.uinbanten.ac.id/journals/index.php/primary is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License
An author who publishes in PRIMARY: Jurnal Keilmuan dan Kependidikan Dasar agrees to the following terms:
- The author retains the copyright and grants the journal the right of first publication of the work simultaneously licensed under the Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal
- The author can enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book) with the acknowledgement of its initial publication in this journal.
- The author is permitted and encouraged to post his/her work online (e.g., in institutional repositories or on their website) before and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of the published work (See The Effect of Open Access).
The names and email addresses entered in this journal site will be used exclusively for the stated purposes of this journal and will not be made available for any other purpose or to any other party.