Peningkatan Hasil Belajar IPA Tentang Energi Bunyi Melalui Model Guided Discovery

Authors

  • Desi Desi Jurusan PGMI FTK IAIN SMH Banten
  • M. Rifqi Rijal Fakultas Tarbiyah dan Keguruan IAIN SMH Banten
Statistics: Abstract viewed : 112 times | PDF (Bahasa Indonesia) downloaded : 460 times

Keywords:

Model Guided Discovery, Hasil belajar, IPA, PTK, Energi Bunyi

Abstract

Pembelajaran IPA menekankan pada pemberian pengalaman langsung untuk mengembangkan kompetensi agar siswa mampu mempelajari dan memahami akan alam sekitar secara ilmiah, serta karakteristik dalam pembelajarannya. Siswa semestinya aktif dan kreatif, oleh karena itu, pembelajaran IPA diarahkan untuk mencari tahu dan berbuat sehingga dapat membantu siswa untuk memperoleh pengetahuan secara mendalam tentang alam sekitar, tidak demikian halnya yang terjadi pada pembelajaran IPA di SDN Ciwajik. Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui deskripsi penerapan model guided discovery dalam upaya peningkatan hasil belajar siswa pada materi energi bunyi di kelas III SDN Ciwajik, selain itu juga untuk memperbaiki permasalahan pembelajaran yang terjadi di kelas.Pendekatan dalam penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK). PTK ini dilaksanakan dalam dua siklus tindakan setiap siklusnya terdiri atas rencana, tindakan, observasi, dan refleksi. Instrumen pengumpulan data dalam penelitian ini adalah data aktivitas siswa, data aktivitas guru data hasil tes evaluasi, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Pelaksanaan pembelajaran IPA dengan menerapkan model pembelajaran Guided Discovery dapat meningkatkan hasil belajar IPA siswa kelas III SDN Ciwajik.

Downloads

Download data is not yet available.

Author Biographies

Desi Desi, Jurusan PGMI FTK IAIN SMH Banten

Alumni Jurusan PGMI FTK IAIN SMH Banten

M. Rifqi Rijal, Fakultas Tarbiyah dan Keguruan IAIN SMH Banten

Dosen Fakultas Tarbiyah dan Keguruan IAIN SMH Banten

Published

2017-01-18

How to Cite

Desi, D., & Rijal, M. R. (2017). Peningkatan Hasil Belajar IPA Tentang Energi Bunyi Melalui Model Guided Discovery. Primary : Jurnal Keilmuan Dan Kependidikan Dasar, 8(2), 267–282. Retrieved from https://ftk.uinbanten.ac.id/journals/index.php/primary/article/view/161