Peningkatan Hasil Belajar IPA Tentang Energi Bunyi Melalui Model Guided Discovery


Keywords:
Model Guided Discovery, Hasil belajar, IPA, PTK, Energi BunyiAbstract
Pembelajaran IPA menekankan pada pemberian pengalaman langsung untuk mengembangkan kompetensi agar siswa mampu mempelajari dan memahami akan alam sekitar secara ilmiah, serta karakteristik dalam pembelajarannya. Siswa semestinya aktif dan kreatif, oleh karena itu, pembelajaran IPA diarahkan untuk mencari tahu dan berbuat sehingga dapat membantu siswa untuk memperoleh pengetahuan secara mendalam tentang alam sekitar, tidak demikian halnya yang terjadi pada pembelajaran IPA di SDN Ciwajik. Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui deskripsi penerapan model guided discovery dalam upaya peningkatan hasil belajar siswa pada materi energi bunyi di kelas III SDN Ciwajik, selain itu juga untuk memperbaiki permasalahan pembelajaran yang terjadi di kelas.Pendekatan dalam penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK). PTK ini dilaksanakan dalam dua siklus tindakan setiap siklusnya terdiri atas rencana, tindakan, observasi, dan refleksi. Instrumen pengumpulan data dalam penelitian ini adalah data aktivitas siswa, data aktivitas guru data hasil tes evaluasi, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Pelaksanaan pembelajaran IPA dengan menerapkan model pembelajaran Guided Discovery dapat meningkatkan hasil belajar IPA siswa kelas III SDN Ciwajik.
Downloads
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
PRIMARY JOURNAL: https://ftk.uinbanten.ac.id/journals/index.php/primary is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License
An author who publishes in PRIMARY: Jurnal Keilmuan dan Kependidikan Dasar agrees to the following terms:
- The author retains the copyright and grants the journal the right of first publication of the work simultaneously licensed under the Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal
- The author can enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book) with the acknowledgement of its initial publication in this journal.
- The author is permitted and encouraged to post his/her work online (e.g., in institutional repositories or on their website) before and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of the published work (See The Effect of Open Access).
The names and email addresses entered in this journal site will be used exclusively for the stated purposes of this journal and will not be made available for any other purpose or to any other party.