Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Siswa pada Mata Pelajaran IPA Kompetensi Dasar Sistem Peredaran Darah Manusia Melalui Media Audio Visual

Authors

  • Ririn Indah Purnamasari Jurusan PGMI Fakultas Tarbiyah dan Keguruan IAIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten
  • M. Rifqi Rijal Jurusan PGMI Fakultas Tarbiyah dan Keguruan IAIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten

DOI:

https://doi.org/10.32678/primary.v7i1.2984
Statistics: Abstract viewed : 128 times | PDF (Bahasa Indonesia) downloaded : 322 times

Keywords:

Hasil Belajar, Peredaran Darah, Audio Visual

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh hasil belajar yang rendah pada mata pelajaran IPA dengan materi system peredaran darah manusia di SDN Kolelet III Kec. Picung Kab. Pandeglang. Hal in disebabkan karena pembelajaran masih didominasi oleh penggunaan metode ceramah dan kegiatannya lebih bersifat kepada guru, akibatnya siswa kurang mema-hami pembelajaran yang diberikan sehingga hasil belajar masih belum mencapai KKM. Oleh karena itu, penelitian ini diharapkan dalam me ningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPA melalui media audio visual. Sasaran penelitian ini adalah siswa kelas V SDN Kolelet III Kec. Picung Kab. Pandeglang. Adapun media pembelajaran yang digunakan dalam penelitian ini adalah media audio visual, dimana media sebagai alat bantu dalam pembelajaran. Data yang diperoleh berupa hasil kerja siswa, lembar observasi kegiatan belajar mengajar. Dari ha-sil analisis didapatkan bahwa prestasi belajar siswa mengalami peningkatan dari siklus I dan siklus II yaitu, Siklus I (59,37), Siklus II (75, 93). Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa dengan penggunaan media audio visual dapat meningkatkan pemahaman siswa dalam materi sistem peredaran darah manusia.

Downloads

Download data is not yet available.

Published

2015-06-30

How to Cite

Purnamasari, R. I., & Rijal, M. R. (2015). Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Siswa pada Mata Pelajaran IPA Kompetensi Dasar Sistem Peredaran Darah Manusia Melalui Media Audio Visual. Primary : Jurnal Keilmuan Dan Kependidikan Dasar, 7(1), 119–132. https://doi.org/10.32678/primary.v7i1.2984

Issue

Section

Articles