KEMAMPUAN PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIS MAHASISWA DITINJAU DARI KEMAMPUAN AWAL PADA MATA KULIAH MATEMATIKA SD

Authors

  • Citra Utami Pendidikan Matematika STKIP Singkawang
  • Rien Anitra PGSD STKIP Singkawang

DOI:

https://doi.org/10.32678/primary.v11i02.2113
Statistics: Abstract viewed : 218 times | PDF (Bahasa Indonesia) downloaded : 270 times

Keywords:

kemampuan pemahaman konsep, kemampuan awal

Abstract

Tujuan penelitian ini untuk mendeskripsikan kemampuan pemahaman konsep matematis mahasiswa ditinjau dari kemampuan awal pada mata kuliah matematika SD. Metode penelitian yaitu deskriptif kualitatif. Teknik analisis data: memberi nilai, pengelompokan, dan mendeskripsikan. Hasil penelitian menunjukkan: 1) kemampuan pemahaman konsep mahasiswa KA atas dapat menyatakan ulang sebuah konsep, namun ada yang kurang bisa mengkomunikasikan konsepnya, dapat menggunakan dan memilih prosedur atau operasi tertentu, dan dapat mengaplikasikan konsep atau algoritma dalam pemecahan masalah, namun ada yang tidak bisa menuliskan langkah atau konsep yang diigunakan,                  2) kemampuan pemahaman konsep mahasiswa KA tengah dapat menyatakan ulang sebuah konsep, namun ada yang kurang bisa mengkomunikasikan konsepnya, dapat menggunakan dan memilih prosedur atau operasi tertentu, dan dapat mengaplikasikan konsep atau algoritma dalam pemecahan masalah, namun ada yang tidak bisa menuliskan langkah atau konsep yang diigunakan dan kurang teliti dalam melakukan prosedur atau operasi, dan 3) kemampuan pemahaman konsep mahasiswa KA bawah yaitu telah memahami konsep namun kurang bisa mengkomunikasikan pendapatnya melalui kalimat sendiri,  kurang bisa dalam menggunakan dan memilih prosedur atau operasi tertentu, dan kurang bisa mengaplikasikan konsep atau algoritma dalam pemecahan. Secara garis besar dapat disimpulkan, jika kemampuan awal matematika baik maka kemampuan pemahaman konsep matematis juga baik.

Downloads

Download data is not yet available.

Published

2019-12-30

How to Cite

Utami, C., & Anitra, R. (2019). KEMAMPUAN PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIS MAHASISWA DITINJAU DARI KEMAMPUAN AWAL PADA MATA KULIAH MATEMATIKA SD. Primary : Jurnal Keilmuan Dan Kependidikan Dasar, 11(2), 103–110. https://doi.org/10.32678/primary.v11i02.2113