KEMAMPUAN PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIS MAHASISWA DITINJAU DARI KEMAMPUAN AWAL PADA MATA KULIAH MATEMATIKA SD
DOI:
https://doi.org/10.32678/primary.v11i02.2113


Keywords:
kemampuan pemahaman konsep, kemampuan awalAbstract
Tujuan penelitian ini untuk mendeskripsikan kemampuan pemahaman konsep matematis mahasiswa ditinjau dari kemampuan awal pada mata kuliah matematika SD. Metode penelitian yaitu deskriptif kualitatif. Teknik analisis data: memberi nilai, pengelompokan, dan mendeskripsikan. Hasil penelitian menunjukkan: 1) kemampuan pemahaman konsep mahasiswa KA atas dapat menyatakan ulang sebuah konsep, namun ada yang kurang bisa mengkomunikasikan konsepnya, dapat menggunakan dan memilih prosedur atau operasi tertentu, dan dapat mengaplikasikan konsep atau algoritma dalam pemecahan masalah, namun ada yang tidak bisa menuliskan langkah atau konsep yang diigunakan, 2) kemampuan pemahaman konsep mahasiswa KA tengah dapat menyatakan ulang sebuah konsep, namun ada yang kurang bisa mengkomunikasikan konsepnya, dapat menggunakan dan memilih prosedur atau operasi tertentu, dan dapat mengaplikasikan konsep atau algoritma dalam pemecahan masalah, namun ada yang tidak bisa menuliskan langkah atau konsep yang diigunakan dan kurang teliti dalam melakukan prosedur atau operasi, dan 3) kemampuan pemahaman konsep mahasiswa KA bawah yaitu telah memahami konsep namun kurang bisa mengkomunikasikan pendapatnya melalui kalimat sendiri, kurang bisa dalam menggunakan dan memilih prosedur atau operasi tertentu, dan kurang bisa mengaplikasikan konsep atau algoritma dalam pemecahan. Secara garis besar dapat disimpulkan, jika kemampuan awal matematika baik maka kemampuan pemahaman konsep matematis juga baik.
Downloads
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
PRIMARY JOURNAL: https://ftk.uinbanten.ac.id/journals/index.php/primary is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License
An author who publishes in PRIMARY: Jurnal Keilmuan dan Kependidikan Dasar agrees to the following terms:
- The author retains the copyright and grants the journal the right of first publication of the work simultaneously licensed under the Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal
- The author can enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book) with the acknowledgement of its initial publication in this journal.
- The author is permitted and encouraged to post his/her work online (e.g., in institutional repositories or on their website) before and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of the published work (See The Effect of Open Access).
The names and email addresses entered in this journal site will be used exclusively for the stated purposes of this journal and will not be made available for any other purpose or to any other party.