PENERAPAN CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING (CTL) DALAM MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR SISWA SEKOLAH DASAR

Authors

  • Uvia Nursehah Universitas Primagraha
  • Sastra Wijaya Universitas Primagraha
  • Sopia Sopia Universitas Primagraha

DOI:

https://doi.org/10.32678/primary.v13i2.4699
Statistics: Abstract viewed : 377 times | PDF (Bahasa Indonesia) downloaded : 820 times

Keywords:

Motivasi Belajar siswa, Model Contextual Teaching and Learning (CTL)

Abstract

Penelitian ini dilakukan karena motivasi belajar siswa kelas IV SDN Singapadu masih rendah. Hal ini disebabkan guru masih mendominasi pembelajaran, belum menstimulasi peserta didik untuk aktif dalam pembelajaran dan belum mengaitkan materi IPA dengan kehidupan nyata atau lingkungan sekitar. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang bertujuan meningkatkan motivasi belajar IPA dengan menerapkan pembelajaran Contextual Teaching And Learning (CTL). Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah angket dan observasi. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas IV SDN Singapadu. Penelitian Tindakan ini dilakukan dalam dua siklus. Hasil penelitian menunjukkan setelah diberikan tindakan dengan mengaplikasikan pembelajaran CTL terjadi peningkatan jumlah siswa yang memiliki kategogi motivasi belajar tinggi yaitu 30,55% (pra siklus) menjadi 75% (siklus I) dan selanjutnya menjadi 97,22 % (siklus II). Maka dapat disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran CTL dapat meningkatkan motivasi belajar IPA siswa kelas IV SD Negeri Singapadu.

Downloads

Download data is not yet available.

Published

2021-12-29

How to Cite

Nursehah, U., Wijaya, S., & Sopia, S. (2021). PENERAPAN CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING (CTL) DALAM MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR SISWA SEKOLAH DASAR. Primary : Jurnal Keilmuan Dan Kependidikan Dasar, 13(2), 181–190. https://doi.org/10.32678/primary.v13i2.4699