PENGARUH PEMBELAJARAN MATEMATIKA REALISTIK (PMR) TERHADAP KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIK SISWA KELAS VI MI MUTAALIMIN PANDEGLANG
DOI:
https://doi.org/10.32678/primary.v13i2.5075


Keywords:
PMR, Kemampuan Pemecahan Masalah MatematikAbstract
Generasi yang harus disiapkan dalam menghadapi tantangan zaman di era digital ini adalah dengan menumbuhkembangkan keterampilan berpikir tingkat tinggi dan diantaranya ialah untuk mendapatkan segala solusi dalam kehidupan adalah bagaimana memecahkan berbagai persoalan kehidupan. Oleh karenanya, perlu adanya efesiensi penggunaan pendekatan pembelajaran yang dapat menunjang proses pembelajaran tersebut. Proses pembelajaran ini tidak lain adalah untuk memicu dan membentuk keterampilan berpikir tingkat tinggi yakni pemecahan masalah matematik pada peserta didik ditingkat madrasah ibtidaiyah (MI). Penggunaan pembelajaran matematika realistik (PMR) ini meniscayakan siswa mampu untuk berpikir tingkat tinggi yakni memiliki kemampuan pemecahan masalah matematik. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh pendekatan PMR terhadap kemampuan pemecahan masalah matematik siswa kelas VI MI Mutaalimin Pandeglang. Penelitian ini mengunakan pendekatan kuantitatif yang berjenis eksperimen kuasi dengan desain nonequivalent kontrol-group pretest-posttest. Pengambilan sampel dilakuakn dengan teknik purposive sampling dengan kelas VI.A sebagai kelas Kontrol dan kelas VI.B sebagai kelas eksperimen. Analisis data dalam penelitian diperoleh melalui program SPSS 23. Penelitian ini memberikan informasi bahwa penggunaan pendekatan pembelajaran PMR lebih baik dibandingkan pembelajaran konvensional dan terdapat pengaruh pendekatan pembelajaran matematika realistik (PMR) terhadap kemampuan pemecahan masalah matematik siswa kelas VI MI Mutaalimin Pandeglang.
Downloads
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
PRIMARY JOURNAL: https://ftk.uinbanten.ac.id/journals/index.php/primary is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License
An author who publishes in PRIMARY: Jurnal Keilmuan dan Kependidikan Dasar agrees to the following terms:
- The author retains the copyright and grants the journal the right of first publication of the work simultaneously licensed under the Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal
- The author can enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book) with the acknowledgement of its initial publication in this journal.
- The author is permitted and encouraged to post his/her work online (e.g., in institutional repositories or on their website) before and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of the published work (See The Effect of Open Access).
The names and email addresses entered in this journal site will be used exclusively for the stated purposes of this journal and will not be made available for any other purpose or to any other party.