Upaya Meningkatkan Kemampuan Menulis Surat Untuk Teman Sebaya Dengan Metode Contextual Teaching And Learning pada Mata Pelajaran Bahasa Indonesia


Keywords:
Contextual Teaching and Learning, Kemampuan Menulis Surat, Bahasa IndonesiaAbstract
Berkaitan dengan pembelajaran Bahasa Indonesia diarah-kan untuk meningkatkan kemampuan siswa dalam berkomunikasi dan mengekspresikan diri melalui bahasa tulisan yakni menulis surat. Menulis surat merupakan keterampilan yang membutuhkan kompetensi yang komplek yakni memadukan kemampuan menu-angkan ide dan kemampuan menggunakan bahasa yang benar. Oleh karenanya penulisan surat harus mengikuti aturan-aturan yang ada yaitu memperhatikan unsur-unsur surat, menggunakan bahasa yang baik dan benar, meletakkan tanda baca dengan benar. Hal ini bertujuan agar surat menjadi bermakna dan mudah dimengerti oleh pembaca. Untuk itu pembelajaran dengan meng-gunakan metode Contextual Teaching and Learning (CTL) diharap-kan dapat membuat siswa aktif dalam pembelajaran dan siswa harus sering dilatih kemampuan menulis suratnya agar mampu berkomunikasi dan berinteraksi dengan lingkungannya terutama dengan teman sebayanya.
Hasil dari studi ini sebagai berikut: 1) Setelah mengguna-kan metode Contextual Teaching and Learning (CTL) pada materi Menulis Surat untuk Teman Sebaya, siswa lebih tertarik, aktif dan suasana belajar lebih efektif sehingga pembe-lajaran pun lebih menarik, menyenangkan 2) Penerapan metode Contextual Teaching and Learning (CTL) dapat meningkatkan pembelajaran siswa kelas IV pada pokok bahasan Menulis Surat untuk Teman Sebaya, dapat dilihat dari nilai rata-rata siswa pada pra siklus (51,76), siklus I (66,17), siklus II (80,29) dengan ketuntasan belajar siswa 100%. Hal ini karena siswa menerapkan metode CTL dengan baik dan siswa aktif dalam pembelajaran sehingga hasil yang diharapkan tercapai secara optimal
Downloads
References
Alek dan Achmad H.P, Bahasa Indonesia untuk Perguruan Tinggi, Jakarta: Kencana Prenada Media Group, 2010.
Aqib, Zainal, Penelitian Tindakan Kelas, Bandung: YRama Widya, 2006.
Arikunto, Suharsimi, et al., Penelitian Tindakan Kelas, cet ke- 2, Jakarta: PT. Bumi Aksara, 2009.
Atmojo, Jati, Buku Hafalan Luar Kepala Bahasa Indonesia,Yogyakarta: Pustaka Widyatama, 2010.
B. Johnson, Elaine, Contextual Teaching and Learning, Bandung: MLC, 2006.
Ekajaya, Dahlan dan Khoirul Anwar, Penelitian Pendididkan, Tangerang: Prima Usaha Baru Tangerang, 2009.
Guntur Tarigan, Hendry, Menulis Sebagai Suatu Keterampilan Berbahasa, Bandung: Angkasa, 2008.
HS, Widjono, Bahasa Indonesia Mata Kuliah Pengembangan Kepribadian Di Perguruan Tinggi, Jakarta: Gramedia Widiasarana Indonesia, 2007.
Http://belajar.kemdiknas.go.id/index3.php?display=view&mod=script&cmd=Bahan%20Belajar/Materi%20Pokok/SMP/view&id=477&uniq=4091
Http://s1-pgsd.blogspot.com/2011/12/makalah-pendekatan-kontekstual-learning.html
Iskandarwassid dan Dadang Sunendar, Strategi Pembelajaran Bahasa, Bandung: PT Remaja Rosdakarya, 2008.
Keraf, Gorys, Komposisi, Jakarta: Nusa Indah, 1997.
Kunandar, Guru Profesional Implementasi Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP) dan Sukses dalam Sertifikasi Guru, Jagakarsa: PT Rajagrafindo Persada, 2007.
Program Dual System Fakultas Tarbiyah dan Adab, Panduan Penelitian Tindakan Kelas, Serang: IAIN “Sultan Maulana Hasanudin” Banten.
Sagala, Syaiful, Konsep dan Makna Pembelajaran, Bandung: Alfabeta, 2003.
Soedjito dan Solchan TW, Surat Menyurat Resmi Bahasa Indonesia, Malang: PT Remaja Rosdakarya, 1987.
Soenardi Djiwandono, M, Tes Bahasa Pegangan Bagi Pengajar Bahasa, Jakarta: PT Macanan Jaya Cemerlang, 2008.
Sugono, Dendi, Mahir Berbahasa Indonesia dengan Benar, Jakarta: PT Gramedia Pustaka Utama, 2009.
T, Leo, Surat Menyurat untuk Berbagai Keperluan, Jakarta: Harmoni, 2002.
Wardhani, Igak, dkk., Penelitian Tindakan Kelas, Jakarta: Universitas Terbuka, 2007.
Wiriaatmadja, Rochiati, Metode Penelitian Tindakan Kelas untuk Meningkatkan Kinerja Guru dan Dosen, Bandung: PT Remaja Rosdakarya, 2005.
Zaenal Arifin, E dan S. Amran Tasai, Cermat Berbahasa Indonesia untuk Perguruan Tinggi, (Jakarta: Akademika Pressindo, 2008), p. 12.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2013 Sahliah Sahliah, Uyu Mu’awwanah

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
PRIMARY JOURNAL: https://ftk.uinbanten.ac.id/journals/index.php/primary is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License
An author who publishes in PRIMARY: Jurnal Keilmuan dan Kependidikan Dasar agrees to the following terms:
- The author retains the copyright and grants the journal the right of first publication of the work simultaneously licensed under the Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal
- The author can enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book) with the acknowledgement of its initial publication in this journal.
- The author is permitted and encouraged to post his/her work online (e.g., in institutional repositories or on their website) before and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of the published work (See The Effect of Open Access).
The names and email addresses entered in this journal site will be used exclusively for the stated purposes of this journal and will not be made available for any other purpose or to any other party.