Upaya Meningkatkan Kemampuan Menulis Surat Untuk Teman Sebaya Dengan Metode Contextual Teaching And Learning pada Mata Pelajaran Bahasa Indonesia

Authors

  • Sahliah Sahliah IAIN Sultan Maulan Hasanuddin Banten
  • Uyu Mu’awwanah Jurusan PGMI Fakultas Tarbiyah dan Keguruan IAIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten
Statistics: Abstract viewed : 73 times | PDF (Bahasa Indonesia) downloaded : 0 times

Keywords:

Contextual Teaching and Learning, Kemampuan Menulis Surat, Bahasa Indonesia

Abstract

Berkaitan dengan pembelajaran Bahasa Indonesia diarah-kan untuk meningkatkan kemampuan siswa dalam berkomunikasi dan mengekspresikan diri melalui bahasa tulisan yakni menulis surat. Menulis surat merupakan keterampilan yang membutuhkan kompetensi yang komplek yakni memadukan kemampuan menu-angkan ide dan kemampuan  menggunakan bahasa yang benar. Oleh karenanya penulisan surat harus mengikuti aturan-aturan yang ada yaitu memperhatikan unsur-unsur surat, menggunakan bahasa yang baik dan benar, meletakkan tanda baca dengan benar. Hal ini bertujuan agar surat menjadi bermakna dan mudah dimengerti oleh pembaca. Untuk itu pembelajaran dengan meng-gunakan metode Contextual Teaching and Learning (CTL) diharap-kan dapat membuat siswa aktif dalam pembelajaran dan siswa harus sering dilatih kemampuan menulis suratnya agar mampu berkomunikasi dan berinteraksi dengan lingkungannya terutama dengan teman sebayanya. 

Hasil dari studi ini sebagai berikut: 1) Setelah mengguna-kan metode Contextual Teaching and Learning (CTL) pada materi Menulis Surat untuk Teman Sebaya, siswa lebih tertarik, aktif dan suasana belajar lebih efektif sehingga pembe-lajaran pun lebih menarik, menyenangkan 2) Penerapan metode Contextual Teaching and Learning (CTL) dapat meningkatkan pembelajaran siswa kelas IV pada pokok bahasan Menulis Surat untuk Teman Sebaya, dapat dilihat dari nilai rata-rata siswa pada pra siklus (51,76), siklus I (66,17), siklus II (80,29) dengan ketuntasan belajar siswa 100%. Hal ini karena siswa menerapkan metode CTL dengan baik dan siswa aktif dalam pembelajaran sehingga hasil yang diharapkan tercapai secara optimal

Downloads

Download data is not yet available.

Author Biography

Sahliah Sahliah, IAIN Sultan Maulan Hasanuddin Banten

IAIN Sultan Maulan Hasanuddin Banten

References

A.M, Sardiman, Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar, Jakarta: Raja Grafindo Persada, 2010.
Alek dan Achmad H.P, Bahasa Indonesia untuk Perguruan Tinggi, Jakarta: Kencana Prenada Media Group, 2010.
Aqib, Zainal, Penelitian Tindakan Kelas, Bandung: YRama Widya, 2006.
Arikunto, Suharsimi, et al., Penelitian Tindakan Kelas, cet ke- 2, Jakarta: PT. Bumi Aksara, 2009.
Atmojo, Jati, Buku Hafalan Luar Kepala Bahasa Indonesia,Yogyakarta: Pustaka Widyatama, 2010.
B. Johnson, Elaine, Contextual Teaching and Learning, Bandung: MLC, 2006.
Ekajaya, Dahlan dan Khoirul Anwar, Penelitian Pendididkan, Tangerang: Prima Usaha Baru Tangerang, 2009.
Guntur Tarigan, Hendry, Menulis Sebagai Suatu Keterampilan Berbahasa, Bandung: Angkasa, 2008.
HS, Widjono, Bahasa Indonesia Mata Kuliah Pengembangan Kepribadian Di Perguruan Tinggi, Jakarta: Gramedia Widiasarana Indonesia, 2007.
Http://belajar.kemdiknas.go.id/index3.php?display=view&mod=script&cmd=Bahan%20Belajar/Materi%20Pokok/SMP/view&id=477&uniq=4091
Http://s1-pgsd.blogspot.com/2011/12/makalah-pendekatan-kontekstual-learning.html
Iskandarwassid dan Dadang Sunendar, Strategi Pembelajaran Bahasa, Bandung: PT Remaja Rosdakarya, 2008.
Keraf, Gorys, Komposisi, Jakarta: Nusa Indah, 1997.
Kunandar, Guru Profesional Implementasi Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP) dan Sukses dalam Sertifikasi Guru, Jagakarsa: PT Rajagrafindo Persada, 2007.
Program Dual System Fakultas Tarbiyah dan Adab, Panduan Penelitian Tindakan Kelas, Serang: IAIN “Sultan Maulana Hasanudin” Banten.
Sagala, Syaiful, Konsep dan Makna Pembelajaran, Bandung: Alfabeta, 2003.
Soedjito dan Solchan TW, Surat Menyurat Resmi Bahasa Indonesia, Malang: PT Remaja Rosdakarya, 1987.
Soenardi Djiwandono, M, Tes Bahasa Pegangan Bagi Pengajar Bahasa, Jakarta: PT Macanan Jaya Cemerlang, 2008.
Sugono, Dendi, Mahir Berbahasa Indonesia dengan Benar, Jakarta: PT Gramedia Pustaka Utama, 2009.
T, Leo, Surat Menyurat untuk Berbagai Keperluan, Jakarta: Harmoni, 2002.
Wardhani, Igak, dkk., Penelitian Tindakan Kelas, Jakarta: Universitas Terbuka, 2007.
Wiriaatmadja, Rochiati, Metode Penelitian Tindakan Kelas untuk Meningkatkan Kinerja Guru dan Dosen, Bandung: PT Remaja Rosdakarya, 2005.
Zaenal Arifin, E dan S. Amran Tasai, Cermat Berbahasa Indonesia untuk Perguruan Tinggi, (Jakarta: Akademika Pressindo, 2008), p. 12.

Published

2013-06-28

How to Cite

Sahliah, S., & Mu’awwanah, U. (2013). Upaya Meningkatkan Kemampuan Menulis Surat Untuk Teman Sebaya Dengan Metode Contextual Teaching And Learning pada Mata Pelajaran Bahasa Indonesia. Primary : Jurnal Keilmuan Dan Kependidikan Dasar, 5(01), 21–44. Retrieved from https://ftk.uinbanten.ac.id/journals/index.php/primary/article/view/9184