Pengembangan Bahan Ajar Menulis Cerita Kreatif Dapat Meningkatkan Keterampilan Menulis Anak

Authors

  • Marlinah Marlinah
  • Uyu Mu’awwanah Jurusan PGMI UIN SMH Banten
Statistics: Abstract viewed : 137 times | PDF (Bahasa Indonesia) downloaded : 356 times

Keywords:

Pengembangan, Bahan Ajar Modul, Menulis Cerita Kreatif

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah; pertama, mendeskripsikan gambaran pembelajaran menulis cerita kreatif, kedua, mengembangkan bahan ajar modul menulis cerita kreatif meningkatkan keterampilan menulis anak dan ketiga, mendeskripsikan kelayakan bahan ajar modul menulis cerita kreatif meningkatkan keterampilan menulis anak untuk siswa SD/MI kelas V. Penelitian dan pengembangan ini mengacu pada 10 tahapan dari Borg and Gall yang disederhanakan menjadi 5 tahapan, yaitu survei dan pengumpulan informasi, desain produk, validasi produk, revisi dan perbaikan desain, dan uji coba terbatas siswa. Hasil penelitian menunjukkan pertama, minat siswa dalam pembelajaran menulis cerita kreatif masih rendah, salah satu penyebabnya adalah kurangnya bahan ajar. Kedua, produk yang dikembangkan berjudul Menulis Cerita Kreatif Meningkatkan Keterampilan Menulis Anak untuk Siswa SD/MI Kelas V dinilai kelayakannya berdasarkan aspek isi/materi, penyajian, bahasa, dan kegrafikan. Ketiga, modul pembelajaran menulis cerita kreatif pada aspek isi/materi memperoleh skor rata-rata sebesar 3,28 dengan kategori “cukup”, aspek penyajian memperoleh skor rata-rata sebesar 4,00 dengan kategori “baik”, aspek bahasa memperoleh skor rata-rata sebesar 3,20 dengan kategori “cukup”, dan aspek kegrafikan memperoleh skor rata-rata sebesar 3,44 dengan kategori “baik”. Skor tersebut   diakumulasikan dan menghasilkan skor rata-rata sebesar 3,48 dengan persentase kelayakan sebesar 68%. Jadi, modul Menulis Cerita Kreatif Meningkatkan  Keterampilan Menulis Anak Untuk Siswa SD/MI Kelas V layak untuk digunakan sebagai bahan ajar.

Downloads

Download data is not yet available.

Author Biography

Uyu Mu’awwanah, Jurusan PGMI UIN SMH Banten

Dosen Jurusan PGMI UIN SMH Banten

Published

2017-07-11

How to Cite

Marlinah, M., & Mu’awwanah, U. (2017). Pengembangan Bahan Ajar Menulis Cerita Kreatif Dapat Meningkatkan Keterampilan Menulis Anak. Primary : Jurnal Keilmuan Dan Kependidikan Dasar, 9(1), 131–146. Retrieved from https://ftk.uinbanten.ac.id/journals/index.php/primary/article/view/421

Issue

Section

Articles