Implementasi Asesmen Perkembangan Anak Usia 5-6 Tahun di Assa’adah Global Islamic School (AGIS Kindergarten) Banjarsari Cipocok Jaya Kota Serang

Authors

  • Mauludina Rahmawati UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten
  • Muhiyatul Huliyah UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten
  • Umayah UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten
Statistics: Abstract viewed : 146 times | PDF downloaded : 171 times

Keywords:

Asesmen, Aspek Perkembangan Anak, Anak Usia Dini (5-6 tahun)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana cara guru dalam mengimplementasikan asesmen perkembangan anak usia 5-6 tahun. Jika guru belum memiliki kemampuan untuk melakukan penilaian atau asesmen, maka akan sulit untuk menentukan tingkat perkembangan anak, apakah anak berkembang seperti yang diharapkan atau sebaliknya. Tentunya asesmen tersebut dilakukan oleh guru Assa’adah Global Islamic School (AGIS) Kindergarten Banjarsari Cipocok Jaya Kota Serang tujuannya ialah untuk mengetahui indikator perkembangan yang sudah dicapai anak, selain itu sebagai bahan evaluasi guru jika pembelajaran yang diterapkan kepada anak belum maksimal. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif deskriptif yang melibatkan kepala sekolah, guru, serta orangtua murid. Data yang dikumpulkan peneliti menggunakan teknik pengumpulan data seperti: observasi, wawancara, dokumentasi dan triangulasi. Dan juga peneliti menggunakan teknik analisis data meliputi: pengumpulan data, reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa implementasi asesmen perkembangan anak 5-6 tahun yang dilaksanakan di Assa’adah Global Islamic School (AGIS Kindergerten) sudah berdasarkan kurikulum 2013 dan STPPA yang terdapat pada kurikulum 2013, adapun teknik asesmen yang terapkan di AGIS Kindergarten ini menggunakan teknik penilaian ceklist, catatan anekdot, hasil karya/penugasan, rating scale dan penilaian portofolio. Asesmen dilakukan secara harian dan dilaporkan kepada orang tua secara insidental dan persemester. Implementasi asesmen perkembangan anak usia 5-6 tahun tersebut sudah dilaksanakan dengan baik. Namun hasil laporan tersebut belum sepenuhnya digunakan sebagai pijakan untuk mengambil langkah-langkah selanjutnya.

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Published

2024-06-30

How to Cite

Rahmawati, M., Huliyah, M., & Umayah, U. (2024). Implementasi Asesmen Perkembangan Anak Usia 5-6 Tahun di Assa’adah Global Islamic School (AGIS Kindergarten) Banjarsari Cipocok Jaya Kota Serang. Proceeding of Annual International Conference on Islamic Education and Language (AICIEL), 613–622. Retrieved from https://ftk.uinbanten.ac.id/journals/index.php/aiciel/article/view/11137