Implementasi Cooking Class Bagi Pengembangan Kepercayaan Diri Anak Usia Dini
DOI:
https://doi.org/10.32678/assibyan.v9i2.10595


Keywords:
cooking class, confidence, early childhoodAbstract
Kepercayaan diri merupakan komponen mendasar yang mendukung kemampuan anak dalam belajar, berinteraksi, dan menghadapi tantangan sehari-hari. Anak usia dini merupakan tahap prasekolah, sehingga pembelajaran harus dilakukan dengan cara yang menyenangkan. Penelitian ini bertujuan untuk mengevaluasi efektivitas kegiatan cooking class dalam mengembangkan kepercayaan diri anak usia dini di TK Al Madinah Demak. Penelitian ini dilakukan secara kualitatif deskriptif, dan pengumpulan data dilakukan melalui observasi, wawancara mendalam, dan studi dokumentasi. Subjek penelitian adalah 16 anak usia 4-5 tahun di TK Al Madinah Demak. Hasil penelitian menunjukkan bahwa cooking class efektif dalam meningkatkan kepercayaan diri anak. Kegiatan ini melibatkan anak secara aktif dalam proses memasak, yang membuat mereka lebih bersemangat dan merasa bangga atas prestasi yang dicapai.
Downloads
References
Arif, H. M., Munirah, M. P., Haluty, R., Harahap, S., Umalihayati, S., KM, S., Iswahyudi, M. S., Prastawa, S., Jumardi, M. P., & Darisman, D. (2024). Pendidikan Karakter Di Era Digital. CV Rey Media Grafika.
Asni, A. (2023). Layanan Informasi Tentang Self Efficacy Dan Optimis Dalam Upaya Meningkatkan Kepercayaan Diri Peserta Didik. Jurnal Bimbingan dan Konseling Borneo, 5(1).
Bhakti, W. (2015). Upaya Meningkatkan Entrepreneurship Anak Melalui Cooking Class Pada Kelompok B. Jurnal PG-PAUD Trunojoyo: Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Anak Usia Dini, 2(2), 105–116.
Blegur, J. (2020). Soft skills untuk prestasi belajar: Disiplin percaya diri konsep diri akademik penetapan tujuan tanggung jawab komitmen kontrol diri. Scopindo Media Pustaka.
Cahya, E. N., & Purwani, A. (2022). Improving Ablity Through Cooking Class Activities For Children For 5-6 Years At Tk Sejahtera Citeko Purwakarta. International Conference of Early Childhood Education in Multiperspectives, 206–212.
Dani, H. R., Muslihin, H. Y., & Rahman, T. (2023). Literature review: Pola asuh orang tua terhadap perkembangan sosial emosional anak usia dini. Innovative: Journal Of Social Science Research, 3(3), 438–452.
Devianti, R., Sari, S. L., & Bangsawan, I. (2020). Pendidikan karakter untuk anak usia dini. Mitra Ash-Shibyan: Jurnal Pendidikan dan Konseling, 3(02), 67–78.
Hasanah, U., Fauzia, W., Kaswati, A., Rahayu, S. H., & Zilfa, R. (2024). Kelengkapan Sarana Prasarana Pada Kelompok Bermain Menuju Lingkungan Ramah Anak. Asas Wa Tandhim: Jurnal Hukum, Pendidikan Dan Sosial Keagamaan, 3(1), 57–70. https://doi.org/10.47200/ awtjhpsa.v3i1.2234
hasis, pertiwi kamariah, & Raksa, A. (2022). Manajemen Strategi Lembaga PAUD Menuju Akreditasi Di Kota Palopo. As-Sibyan: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 7(2), 235–244. https://doi.org/10.32678/ASSIBYAN.V7I2.6326
Hasnawati, S. (2022). Strategi Pembelajaran Pendidikan Islam Anak Usia Dini (PIAUD) Bagi Guru dan Orang Tua dalam Meningkatkan Kualitas Pemahaman Peserta Didik. Al-Ishlah: Jurnal Pendidikan Islam, 20(2), 149–158.
Imroatun. (2021). Model-Model Pembelajaran Pendidikan Anak Usia Dini. Program Studi Pendidikan Islam Anak Usia Dini FTK UIN SMH Banten.
Jailani, M. S. (2023). Teknik pengumpulan data dan instrumen penelitian ilmiah pendidikan pada pendekatan kualitatif dan kuantitatif. IHSAN: Jurnal Pendidikan Islam, 1(2), 1–9.
Jumaisah, J. (2022). Efektivitas Pembelajaran Kontekstual Melalui Cooking Class Untuk Pembentukan Karakter Anak Usia Dini. PERISKOP: Jurnal Sains Dan Ilmu Pendidikan, 3(1).
Karmiyanti, R., DS, A. C., & Purwadi, P. (2019). Analisis Home Visit Terhadap Kepercayaan Diri Anak Usia 4-5 Tahun Di Tk Aba 28 Semarang. PAUDIA: Jurnal Penelitian dalam Bidang Pendidikan Anak Usia Dini, 8(1).
Kemdikbud, I. (2022). Buku Saku Kurikulum Merdeka; Tanya Jawab. Kementerian Pendidikan Dan Kebudayaan, 1–50.
Khilmiyah, A. (2016). Metode Penelitian Kualitatif. Samudra Biru.
Kusnan, K., Zainal, N., & Sanger, M. (2022). Pelaksanaan Pendidikan Karakter Pada Anak Usia Dini di Raudhatul Athfal (RA) Fastabiqul Khairaat Airmadidi Minahasa Utara. Indonesian Journal of Early Childhood Education (IJECE), 2(01).
Lubis, M. Y. (2019). Mengembangkan sosial emosional anak usia dini melalui bermain. Generasi Emas, 2(1), 47–58.
Macarau, V. V. V., & Stevanus, K. (2022). Peran orangtua dalam upaya menumbuhkan rasa percaya diri anak usia dini. EDULEAD: Journal of Christian Education and Leadership, 3(2), 153–167.
Mamlu’ah, A. (2019). Konsep percaya diri dalam al qur’an surat Ali Imran Ayat 139. Al-Aufa: Jurnal Pendidikan Dan Kajian Keislaman, 1(1), 30–39.
Martony, O. (2023). Stunting di Indonesia: Tantangan dan solusi di era modern. Journal of Telenursing (JOTING), 5(2), 1734–1745.
Masnawati, E., Darmawan, D., & Masfufah, M. (2023). Peran Ekstrakurikuler dalam Membentuk Karakter Siswa. PPIMAN: Pusat Publikasi Ilmu Manajemen, 1(4), 305–318.
Masruroh, U. (2023). Developing Children’s Social Emotional Through Cooking Class Activities. Proceedings of the 1st International Conference on Early Childhood Education in Multiperspective, ICECEM 2022, 26th November 2022, Purwokerto, Central Java, Indonesia.
Miles, M. B., Huberman, A. M., & Saldana, J. (2014). Qualitative Data Analysis: A Methods Sourcebook. SAGE Publications.
Miswanto, M., & Halim, A. (2023). Inovasi Dalam Kurikulum Pendidikan Islam untuk Meningkatkan Karakter dan Etika Siswa. Journal on Education, 5(4), 17279–17287.
Munawaroh, H., Imroatun, & Ibrohim, B. (2019). Upaya Peningkatan Rasa Percaya Diri AUD Melalui Kegiatan Bernyanyi Di Depan Kelas. As-Sibyan : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 4(2), 133–142.
Najib, M. (2018). Model Manajemen PAUD Berdaya Saing Studi Pada Lembaga PAUD Islam Terpadu Al-Ikhlas Bumiayu Kabupaten Brebes. As-Sibyan : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 2(2), 125–136.
Nazla, T., & Fitria, N. (2021). Pengembangan Kepercayaan Diri Melalui Metode Show and Tell Pada Anak. Jurnal Anak Usia Dini Holistik Integratif (AUDHI), 3(1), 31–35.
Ragil, Y. A., & Putra, D. A. (2023). Implementasi Kegiatan Outbound Dalam Pembentukan Kepercayaan Diri Anak Usia 5–6 Tahun. Yaa Bunayya: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 7(2), 173–182.
Rahmawati, D. E., Puspitasari, R., & Putra, M. M. (2023). Upaya Membangun Karakter Tanggungjawab Anak Usia 4-5 Tahun Melalui Cooking Class di Kelompok Bermain (KB) Nurul Huda Desa Kebun Kulim Kabupaten Musi Rawas. Institut Agama Islam Negeri Curup.
Rambe, I. M., & Siregar, M. F. Z. (2023). Peran Orang Tua Dalam Mengurangi Kecanggungan Sosial Pada Anak Usia Dini. Dewantara: Jurnal Pendidikan Sosial Humaniora, 2(3), 276–288.
Saxe-Custack, A., LaChance, J., Hanna-Attisha, M., & Dawson, C. (2021). Flint Kids Cook: Positive influence of a farmers’ market cooking and nutrition programme on health-related quality of life of US children in a low-income, urban community. Public Health Nutrition, 24(6), 1492–1500.
Sekretariat Jenderal Kemendikbud, S. J. K. (2020). Defenisi Operasional Indikator Kinerja Sekretariat Jenderal Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan 2020-2024.
Suryana, D. (2016). Pendidikan anak usia dini: Stimulasi & aspek perkembangan anak. Prenada Media.
Taylor, S. J., Bogdan, R., & DeVault, M. L. (2015). Introduction to Qualitative Research Methods: A Guidebook and Resource. John Wiley & Sons.
Tim. (2021). KPPPA. Wahana Visi Indonesia.
Wardhani, J. D. (2019). Strategi Pembelajaran Anak Usia Dini. Muhammadiyah University Press.
Widiasworo, E. (2018). Cerdas pengelolaan kelas. Diva Press.
Widodo, H. (2020). Dinamika Pendidikan Anak Usia Dini. Alprin.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Alaika Aghitsny, Mursid Mursid

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.