Keterlibatan Anggota Keluarga Pengasuh terhadap Perkembangan Bahasa Anak Usia Dini
Studi Kasus di Kelurahan Kaligandu Kota Serang


Keywords:
pengasuhan, anak usia dini, hubungan kekeluargaanAbstract
Tulisan ini bermaksud untuk mendalami pengaruh keterlibatan anggota keluarga Pengasuh terhadap perkembangan bahasa Anak usia Dini di Kelurahan Kaligandu Kota Serang. terutama bagi Diantaranya bahwa anak usia dini yang telah berusia 4 tahun dan diasuh oleh pengasuh dari keluarga tetangga lebih dari 2 tahun. Secara kualitatif dapat disimpulkan bahwa tradisi pengasuhan pada keluarga tetangga telah dikenali dengan istilah nitip anak. Rekrutmen didasari atas keinginan anak sehingga berlanjut melekatkan hubungan anatar keluarga pengasuh dan keluarga anak. Pengaturan keuangan pun akhirnya ditentukan secara terbuka berbasis kenyataan. Hubungan kekeluragaan telah menjadikan keterlibatan anak pengasuh dalam pengembangan bahasa anak asuh semakin nyata. Hubungan itu menjadikan komunikasi interpersonal yang berdampak dalam penembangan anak
Downloads
References
Nel Noddings. Happiness, and Education. (UK: Cambridge University Press, 2006), h. 153; Cooper, Bridget. Empathy In Education: Engagement, Values And Achievement. USA: Continuum International Publishing Group, 2011;
Pola Komunikasi Pengasuh Anak Dan Anak Balita Terlantar (Studi Deskriptif Kualitatif Pola Komunikasi Baby Sitter dan Anak Balita Terlantar di YPAB Permata Hati Jebres Surakarta) Jurnal Online;
Andi Subhan Amir dan Trianas, Pola Komunikasi Antarpribadi Dalam Pengasuhan Anak : Kasus Orang Tua Beda Agama, Jurnal Komunikasi KAREBA Vol. 2, No.1 Januari Maret 2013, h. 12.-29;
Ridha Karunia & Sutopo, Effendy, Onong Uchjana, 2003. Ilmu, Teori dan Filsafat Komunikasi, Bandung, PT Citra Aditya Bakti.
Elaine A. Anderson & Jane W. Spruill, The Dual-Career Commuter Family:A Lifestyle on the Move, dalam Barbara H. Settles, Daniel E. Hanks III, and Marvin B.Sussman (eds.) Families on the Move: Migration, Immigration, Emigration, and Mobility, The Haworth Press, Inc., 1993, pp. 131-147;
International Bank for Reconstruction and Development / The World Bank, Parenting Education in Indonesia Review And Recommendations To Strengthen Programs And Systems, USA: The World Bank, 2015, 50-51
International Labour Organization (ILO), Pengasuhan Anak Berbasis Masyarakat Manual Pelatihan, (Jakarta: ILO, 2015), h. 10,
Jogy Fadena Pane & Evawani Elysa Lubis, Komunikasi Interpersonal Pengasuh Dalam Membentuk Sikap Positif Anak Didik Dipanti Asuhan Aisyiyah Pekanbaru, Jom FISIP Volume 3 No. 1 Februari 2016;
Marvin J. Fine & Steven W. Lee (eds.), Handbook of Diversity in Parent Educati The Changing Faces of Parenting and Parent Education, USA: Academic Press, 2000
Meni Handayani, Peran Komunikasi Antarpribadi Dalam Keluarga Untuk Menumbuhkan Karakter Anak Usia Dini, Jurnal Ilmiah VISI PPTK PAUDNI - Vol. 11, No. 1, Juni 2016, h. 57-64;
Muhammad Fahmi Rajabany, Komunikasi Interpersonal Pengasuh dengan Anak Asuh di panti asuhan Bayi Sehat Muhammadiyyah, Prosiding Penelitian Spesia 2015, h. 248-255;
Nur Endah Januarti, Problematika Keluarga Dengan Pola Karir Ganda (Studi Kasus di Wilayah Mangir, Sendangsari, Pajangan, Bantul, Yogyakarta), DIMENSIA, Volume 4, No. 2, September 2010, h. 19-54;
Pinkan Margaretha Indira, Kapasitas Pengasuhan Orangtua Dan Faktor-Faktor Pemungkinnya Pada Keluarga Miskin Perkotaan, Jurnal Indigenous Vol. 2 No. 1 2017
Sanya Dririndra Putranti, Pola Pengasuhan Anak Pada Keluarga Karir Ganda, Jurnal Psikosains, Vol. Ii/Th. Iii/Agustus 2008. h.44-62
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2018 Imroatun

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.