PENGARUH MEDIA TORSO BERBANTUAN MODEL PEMBELAJARAN PBL (PROBLEM BASED LEARNING) TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN IPA KELAS V SEKOLAH DASAR
DOI:
https://doi.org/10.32678/primary.v16i2.10456


Keywords:
Hasil Belajar , Media Torso, PBL, IPAAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh media torso berbantuan model PBL (Problem Based Learning) terhadap hasil belajar peserta didik pada mata pelajaran IPA kelas V Sekolah Dasar. Metode penelitian yang digunakan adalah metode kuantitatif dengan metode quasi eksperimen dengan desain Nonequivalent Control Group Design. Sampel penelitian berjumlah 43 orang siswa kelas V Madrasah Ibtidaiyah Ibrahim Ulul Azmi kabupaten Bandung yang ditentukan dengan teknik sampel jenuh. Instrumen utama penelitian ini adalah tes dan didukung instrumen lain berupa lembar observasi dan angket. Hasil analisis data secara deskriptif menunjukkan rata-rata post test kelas eksperimen lebih baik dibandingkan kelas kontrol dan hasil uji mann-whitney menunjukan bahwa skor asymp. sig sebesar 0,000 yang berarti ˂ 0,05. Kesimpulannya menunjukan bahwa Ho ditolah yang berarti terdapat perbedaan yang signifikan rata-rata nilai posttest siswa pada kedua kelas. uji lanjutan dengan uji wilcoxon menunjukan nilai asymp. sig. (2-tailed) sebesar 0,000 yang berarti ˂ 0,05 dengan demikian Ho ditolak. Kesimpulan dari uji hipotesis ini bahwa terdapat pengaruh media torso terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPA.
Downloads
References
Ali Mudlofir, H. (2019). Desain Pembelajaran Inovatif Dari Teori ke Praktik. Depok: PT RajaGrafindo Persada, Depok.
Amalia Fitri Ghaniem, d. (2021). Ilmu Pengetahuan dan Sosial. Jakarta Selatan: Pusat Perbukuan.
Balda Haerun, N. A. (2020). Deskripsi Hasil Belajar Siswa Menggunakan Pembelajaran Media Laboratorium dan Media Visual pada Materi Sistem Eksresi. Kulidawa, Vol 1, No 2, 56-60.
Daniyati. (2023). Konsep Dasar Media Pembelajaran. Journal of Student Research (JSR), Vol 1, No 1, 282-294.
Fauhah, H. (2021). Analisis Model Pembelajaran Make A Match Terhadap Hasil Belajar Siswa. Jurnal Pendidikan Administrasi Perkantoran (JPAP), 14.
Fazria Masfufa Nur, d. (2023). Analisis Kemampuan Kognitif Siswa Sd Melalui Media Video Pembelajaran Youtube. Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 8.
Firda, H. (2019). PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA TORSO TERHADAP HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK PADA MATA PELAJARAN IPA. Jurnal Pendidikan Guru, 10 Vol 2, No 1.
Hikmawati, F. (2017). Metodologi Penelitian. Depok: PT RajaGrafindo Persada, Depok.
Isnaini Muhamad, d. (2015). PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA PEMBELAJARAN TORSO TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI SISTEM PENCERNAAN PADA MANUSIA DI SMP NEGERI 19 PALEMBANG. Biota, 10.
Kania Larassati, N. (2020). Pengaruh Penggunaan Media Realia Terhadap Hasil Belajar Ipa Siswa Kelas V. Pedagogi: Jurnal Pendidikan Dasar, 6.
Karim Syahruni, d. (2019). EFEKTIVITAS MEDIA PEMBELAJARAN TORSO TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA DI MI DDI KALUKUANG MAKASSAR. Jurnal Inovasi Pendidikan Dasar, 7.
Kdk. Dian Pratiwi, d. (2011). PEMANFAATAN MEDIA TORSO UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR IPA SISWA KELAS V SD N0 2 PAKET AGUNG SINGARAJA. Vol 1, 10.
Ketuko Non Manika, d. (2023). Penerapan Media Gambar dalam Upaya Meningkatkan Hasil Belajar IPA Materi Bagian-Bagian Tumbuhan dan Fungsinya pada Siswa Kelas IV B SDK 077 Kecamatan Kewapante Kabupaten Sikka Tahun 2021/2022. Journal on Education Volume 5 No 03, 6.
Kumala, F. N. (2016). Pembelajaran IPA Sekolah Dasar. Malang: Ediide Infografika.
Mustika. (2016). PENINGKATAN MOTIVASI BELAJAR MELALUI PENGGUNAAN MEDIA TORSO. Bioshell Vol.5 No.01, 291-297.
Ni Wayan Sri Darmayanti, d. (2022). Analisis Pelaksanaan Pembelajaan IPA Kelas V di SD N 1 Cempaga. Pendidikan Dasar Rare Pustaka, 11.
Nursalim. (2018). Manajemen Belajar dan Pembelajaran.
Nursupiana. (2019). Pengaruh Penggunaan Media Torso Terhadap Hasil Belajar IPA Konsep Struktur Organ Tubuh Manusia Pada Murid Kelas V SD Inpres Bontomanai.
Nursyafika. (2023). Pengaruh Penggunaan Media Torso Terhadap Minat dan Hasil Belajar IPA Siswa di Kelas V SD Inpres Batang Kaluku Kabupaten Gowa. Innovation in Education (INOVED), Vol 1, No 3, 13.
Nurul Maulia Agusti, A. (2022). Efektivitas Media Aplikasi wordwall Terhadap Hasil Belajar IPA Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 7.
Parwati Ni Nyoman, S. I., & Ayu, A. R. (2018). Belajar dan Pembelajaran. Depok: PT Rajagrafindo Persada, Depok .
Pratiwi, K. D. (2013). Pemanfaatan Media Torso Untuk Meningkatkan Aktivitas Dan Hasil Belajar Ipa Siswa Kelas V Sd N0 2 Paket Agung Singaraja. jurnal Pendidikan Ganesha, 10.
Priadana, S. (2021). Metode Penelitian Kuantitaif. Tangerang Selatan: Pascal Books.
Rahmah, d. (2023). Meningkatkan Hasil Belajar Matematika menggunakan Model NHT Berbasis Budaya Buton Kelas IV Sekolah Dasar. Penelitian Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Vol 1, No 1, 8.
Rahmawati, O. P. (2014). PENGGUNAAN MEDIA TORSO UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA DI SEKOLAH DASAR. JPGSD. Volume 02 Nomor 02, 10.
Ruslan, S. (2017). Penggunaan Media Gambar Untuk Meningkatkan Hasil Belajar IPA PAda Siswa Sekolah Dasar. Ilmu Pendidikan Sosial, sains, dan humaniora Vol. 3 No. 4, 8.
Sapriah. (2019). Peran Media Pembelajaran Dalam Proses Belajar Mengajar. Jurnal manajemen pendidikan dan pelatihan, 45-56.
Setyo, U. Y. (2020). Penggunaan Media Gambar Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Dalam Pembelajaran IPA. Jurnal Pendidikan dan Konseling Vol 2 No 1, 104-109.
Sugiyono. (2013). Pengumpulan Data Dan Instrumen Penelitian. Jurnal Pendidikan Islam, Vol 2 No 4, 1-9.
Sumantri. (2015). Strategi Pembelajaran Teori dan Praktik di Tingkat Pendidikan Dasar. Jakarta: PT RajaGrafindo Persada, Jakarta.
Suryani, N. (2018). Media Pembelajaran Inovatif dan Pengembangannya. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.
Triningsih, N. (2019). Pembelajaran IPA di SD. Journal of Chemical Information and Modeling, 31.
Wardani, A. C. (2017). PENERAPAN MEDIA GAMBAR DALAM MENINGKATKAN KETERAMPILAN MENULIS SISWA KELAS II SD NEGERI 2 KARANGSARI. Kalam Cendekia, 179-186.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Rima Mena Soneta, Titim Fatimah, Ani Yanti Ginanjar

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
PRIMARY JOURNAL: https://ftk.uinbanten.ac.id/journals/index.php/primary is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License
An author who publishes in PRIMARY: Jurnal Keilmuan dan Kependidikan Dasar agrees to the following terms:
- The author retains the copyright and grants the journal the right of first publication of the work simultaneously licensed under the Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal
- The author can enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book) with the acknowledgement of its initial publication in this journal.
- The author is permitted and encouraged to post his/her work online (e.g., in institutional repositories or on their website) before and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of the published work (See The Effect of Open Access).
The names and email addresses entered in this journal site will be used exclusively for the stated purposes of this journal and will not be made available for any other purpose or to any other party.